nusabali

Kasus Sakit Mata di Patas Meningkat

  • www.nusabali.com-kasus-sakit-mata-di-patas-meningkat

Kasus sakit mata merah yang menimpa warga Banjar Patas, Desa Taro,  Kecamatan Tegallalang, Gianyar, yang mulanya hanya belasan kini mencapai puluhan orang.

Warga Terima Pengobatan Gratis

GIANYAR,  NusaBali
Tim Medis dari Puskesmas Tegallalang II dan Dinkes Gianyar pun membuka pos kesehatan. Warga diobati secara cuma-cuma, Selasa (12/6).  Pengobatan dilakukan di balai banjar setempat dengan menyasar seluruh warga yang menderita sakit mata merah. Satu persatu warga diperiksa. Sementara anak-anak diberikan pengobatan langsung, dewasa dan orang tua juga dilakukan pengecekan tensi. Kepala Puskesmas Tegallalang II  dr I Wayan Putu Parwata meminta warga untuk mengurangi aktivitas, tidak banyak begadang dan memperkecil kegiatan yang berhubungan dengan mata. "Hindari dulu nonton TV, main handphone, serta hindari debu," pintanya.

Pihaknya juga menyebut banyaknya warga Banjar Patas mencapai puluhan orang ini sebagai musibah musiman. Kasus seperti ini  pernah terjadi tahun 2008. Walau sakit mata merah ini bisa saja sembuh tanpa pengobatan dalam waktu sepekan, pihaknya tetap mengobati untuk antisipasi virus yang lebih meluas. "Peningkatan kasus mata merah disebabkan virus. Sebetulnya bisa tanpa diobati dalam waktu satu minggu bisa sembuh. Tapi kontak dan bertatapan langsung dengan penderita juga menjadi pemicu semakin cepatnya penyebaran penyakit yang kini dialami anak-anak, dewasa, hingga orang tua," jelasnya.

Kelian Dinas Banjar Patas I Wayan Balok Suardana mengatakan peningkatan kasus ini karena aktivitas warga mengharuskan saling bertatap muka. "Penyebaran sakit mata merah ini cepat karena disini hubungan dan persatuan antara warga masih erat walaupun  dalam kondisi sakit," ujarnya. Sebelumnya diberitakan, belasan warga Banjar Patas, Desa Taro menderita sakit mata merah. Kasus ini terjadi sejak sepekan terakhir.*nvi

loading...

Komentar