nusabali

Mudik Gratis Diikuti 579 Peserta

  • www.nusabali.com-mudik-gratis-diikuti-579-peserta

Mudik gratis keenam kalinya serangkaian Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018 yang diselenggarakan Pemkab Tabanan, Selasa (12/6), diikuti 579 orang.

TABANAN, NusaBali
Mereka akan diantar ke lima kota di Jawa Timur dengan 13 unit armada bus. Peserta mudik gratis kali ini bertambah sejalan dengan penambahan kota tujuan. Tahun lalu peserta yang ikut sebanyak 516 orang dengan 12 armada bus.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Made Agus Harta Wiguna, menjelaskan sebanyak 13 armada bus disediakan dengan jumlah peserta mudik gratis sebanyak 579 orang.

Kata dia, bertambahnya peserta sejalan dengan penambahan kota tujuan. Tahun ini tambahan kota tujuan pemudik, yakni ke Madura, sedangkan tahun lalu hanya ke Malang, Surabaya, Jember, dan Banyuwangi. “Untuk ke Madura 1 bus yang mengantar, sementara ke Surabaya 5 bus, Malang 3 bus, ke Jember dan Banyuwangi 4 bus,” ungkap Harta Wiguna.

Menurutnya, mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemkab Tabanan dan akan dikawal kepolisian Polres Tabanan hingga di Pelabuhan Gilimanuk, ini tidak ada menggunakan anggaran dari APBD maupun pemerintah. Melainkan atas kerjasama CSR seperti Bank BPD Bali, BRI, dan perusahaan swasta lainya. “Sehingga untuk nominal anggaran tidak biasa disebutkan karena kerja sama dengan pihak ketiga,” ucapnya.

Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan mudik gratis merupakan komitmen Pemkab Tabanan dalam melayani masyarakat. “Kami senantiasa mendukung, jika tahun depan peserta bertambah, armada tentu juga akan ditambah,” tuturnya usai melepas mudik gratis.

Salah seorang pemudik, Ali Wafa, 26, yang akan pulang kampung ke Jember, mengaku senang Pemkab Tabanan menggelar mudik gratis. Dia merasa terbantu, karena pulang kampung sebelumnya dia menggunakan motor. “Saya sudah ketiga kalinya ikut mudik gratis. Sangat senang dan nyaman dibandingkan bawa sepeda motor,” ucapnya, sembari mengatakan akan kembali ke Tabanan setelah 15 hari di kampung halamannya. *d

loading...

Komentar