nusabali

KESEHATAN : Diet Sesuai Kepribadian

  • www.nusabali.com-kesehatan-diet-sesuai-kepribadian

Diet yang baik sebenarnya adalah yang bisa menjadi cara hidup diri kita sehari-hari.

Semua orang pasti ingin memiliki berat badan ideal. Berbagai metode diet pun tak segan untuk dicoba demi meraih keinginan tersebut. Sayangnya, tidak semua metode diet dapat berfungsi maksimal bagi tubuh. Setiap orang membutuhkan pola makan yang berbeda. Dan kepribadian ternyata juga menentukan kesesuaian pola makan. Seperti dilansir laman Reader's Diggest, berikut beberapa metode diet berdasarkan kepribadian.

1.    Menilai diri sendiri
Aturan utama dalam diet adalah ‘tidak ada ukuran yang cocok untuk semua’. Menurut Susan Albers, seorang psikolog dan penulis tujuh buku tentang pola makan, setiap orang disarankan berada di jalur masing-masing mengenai diet ini. “Kami mencoba membandingkan diri kami dengan orang lain, tetapi kita yang menemukan apa yang berhasil pada diri,” ungkap Susan Albers. Dengan demikian, jangan secara otomatis menganggap apa yang berhasil juga akan mendatangkan hasil yang sama dengan diri sendiri. Harus mencari, cara terbaik yang benar-benar sesuai dengan kepribadian, kecintaan, dan gaya hidup.

2. Hidup di masa lalu
Setiap kali mencoba upaya baru, mungkin yang ada di dalam pikiran adalah kegagalan diet di masa lalu yang menghantui pikiran. Padahal, tak ada salahnya mencoba lagi. Pikirkan kembali saat ketika berhasil dengan makan sehat. “Ada manfaat besar yang dapat ditemukan dalam pengalaman itu,” papar Susan Albers. Misalnya, jika memahami fungsi sarapan kaya protein yang dapat mengontrol rasa lapar sampai makan siang, sebaiknya tetap lakukanlah hal itu. Sebaiknya, susunlah strategi bagaimana membawa sarapan sehat kembali ke dalam hidup.

3. Cenderung berpikir berlebihan
Tipe kepribadian semacam ini — seseorang yang terlalu analitis, cenderung menetapkan harapan yang tidak realistis. Mirisnya, oganisasi penelitian Australia bernama CSIRO menggambarkan hal ini terjadi pada sebagian besar wanita yang sedang melakukan diet. Menurut US News & World Reports pola diet Weight Watchers - yang digolongkan sebagai diet populer untuk menurunkan berat badan, sangat cocok untuk tipe kepribadian ini. Pola diet ini akan memberi banyak konseling nutrisi, termasuk strategi yang bermanfaat untuk mengatasi tantangan.

4. Pengikut aturan
Apakah tahu persis kapan dan apa yang harus dimakan? “Otak bekerja lebih baik dengan rencana formal yang terstruktur, memiliki panduan harian untuk mengetahui kapan dan apa yang harus dimakan, maka ini dapat memberi manfaat besar,” ungkap Vicki Shanta Retelny, penulis Total Body Diet for Dummies. Menurut dia, inilah yang disebut cara 'mengatur dan melupakannya'. Banyak diet komersial yang menawarkan jenis makanan terstruktur ini.


SELANJUTNYA . . .

loading...

Komentar