nusabali

Siswa SLB Tampil Memukau di BEE

  • www.nusabali.com-siswa-slb-tampil-memukau-di-bee

Tujuh orang perwakilan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Buleleng tampil memukai dalam pentas Buleleng Education Expo (BEE) di Gedung Kesenian Gede Manik Buleleng, Selasa (12/6) sore.

SINGARAJA, NusaBali

Mereka membawakan dua buah tari Bali yakni tari Sekar Jagat dan tari Cendrawasih. Tujuh siswa yang mewakili SLBN 1 Buleleng itu merupakan siswa tuli bisu jenjang SMP. Mereka dapat tampil maksimal dengan panduan kode yang diberikan oleh guru tari di sekolah itu. Bahkan keselarasan dan ketepatan alunan gambelan dengan gerakan tari juga sangat maksimal.

Menurut guru tari di SLBN Buleleng, Komang Srinari mengatakan sudah melakukan persiapan dan pemantapan sejak satu bulan terakhir. Sejumlah siswa yang dilibatkan dalam pentas menjalani latihan pemantapan. Mereka memang anak-anak yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler tari di SLBN 1 Buleleng. “Kami berterimakasih kepada Pemkab Buleleng, karena kami sudah diundang. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengasah mental anak didik kami. Sehingga mereka juga bisa berbaur dan membuktikan kepada masyarakat, mereka juga bisa dan memiliki kesempatan yang sama, meski dengan kekurangan,” ungkap dia.

Menurutnya, seluruh siswa SLBN 1 Singaraja, selain mendapatkan pendidikan formal juga digencarkan untuk mempelajari keterampilan. Baik seni, tata rias, kerajinan, tata boga dan desain. Sehingga saat mereka tamat nanti memiliki bekal untuk dapat mandiri dan berpenghasilan.

Kepala Disdikpora Buleleng Gede Suyasa mengatakan dengan keterlibatan SLBN 1 Buleleng dalam BEE merupakan wujud Disdikpora memberikan kesempatan yang sama seluruh sekolah di Buleleng untuk mengembangkan potensinya. Meski SLBN 1 Buleleng saat ini kewenangannya ada di Dinas Pendidikan Provinsi Bali. “Kami sangat terbuka, ada yang bisa disuguhkan oleh anak-anak kita di SLB, sangat bagus untuk diikutkan. Kami juga berikan kesempatan kepada mereka untuk tampil sama dengan anak-anak di sekolah umum,” kata dia.

Dengan kesempatan tampil ini, pihaknya pun berharap dapat menjadi wahana menyosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat yang memiliki anak disabilitas.*k23

loading...

Komentar