nusabali

Spanyol Pecat Pelatih Timnas

  • www.nusabali.com-spanyol-pecat-pelatih-timnas

Eks Kapten Madrid Gantikan Lopetegui

KRASNODAR, NusaBali
Gonjang-ganjing melandang timnas Spanyol.  Sehari menjelang kick-off Piala Dunia 2018, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) mencopot dan memecat pelatih tim nasional Julen Lopetegui (51 tahun) dari jabatannya.

REFF pun langsung bergerak cepat menunjuk mantan kapten timnas Spanyol, Fernando Hierro sebagai pelatih baru yang memimpin La Furia Roja di Piala Dunia 2018. Hierro pun langsung memimpin Spanyol menghadapi Portugal di laga perdana pada Sabtu (16/6) dinihari WITA.

"Kami sudah memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional," tegas Presiden RFEF Luis Rubiales, pada jumpa pers mendadan, Rabu (13/6), dikutip Guardian.

“Fernando Hierro akan mengisi posisi pelatih timnas di Piala Dunia Rusia dan akan tampil di hadapan media dengan ditemani Presiden RFEF, Luis Rubiales," pernyataan resmi REFF.

Pemecatan Lopetegui terjadi setelah dirinya diumumkan bakal menjadi pelatih baru Real Madrid, usai Piala Dunia 2018. Awalnya Lopetegui sempat diduga masih akan melatih Spanyol sampai turnamen di Rusia beres.

"Kami tahu secara mendadak, dia akan pergi gabung Real Madrid. Pada situasi tertentu ada waktunya Anda harus bersikap. Julen sudah bekerja dengan baik di tim tapi kami tak bisa menerima sikapnya dalam hal ini," tutur Rubiales.

Spanyol tak terkalahkan dalam 20 laga semenjak ditangani Lopetegui usai Piala Eropa 2016. Para pemain Spanyol pun dikabarkan menolak pemecatannya.

Sedangkan La Roja akan mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Portugal, Sabtu (16) dini hari WITA. Piala Dunia 2018 sendiri kick-off pada Kamis (14/6) mala mini, dengan laga pembuka Rusia vs Arab Saudi.

Sementara itu, Real Madrid harus membayar 2 juta euro atau sekitar Rp 32 miliar untuk menebus kontrak  Lopetegui bersama Timnas Spanyol.  Mantan kiper cadangan Madrid itu ditunjuk sebagai pelatih anyar Los Blancos, menggantikan Zinedine Zidane yang mundur dari kursi pelatih.

Hierro membela Madrid selama 14 musim. Sempat menjabat kapten Los Merengues saat aktif bermain. Dia menjabat asisten pelatih di Madrid pada musim 2014/2015, lalu melanjutkan kariernya sebagai pelatih Real Oviedo. *

loading...

Komentar