nusabali

Serbia Lewati Ujian Kosta Rica

  • www.nusabali.com-serbia-lewati-ujian-kosta-rica

Serbia mengawali penampilannya di penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kosta Rica 1-0, Minggu (17/6) malam.

SAMARA, NusaBali
Dalam pertandingan sesama tim ‘Kelas II’ yang digelar di Samara Arena Rusia tersebut, Serbia menang berkat gol tunggal Alexsandar Kolarov pada menit ke-57. Dalam laga tersebut, Kosta Rica yang merupakan wakil belahan Concacaf (Amerika Utara, Tengah, Karibia) langsung ambil inisiatif menekan sejak peluit kick off dibunyikan wasit Malang Diedhiou dari Senegal. Bahkan, dua tembakan berhasil dilepaskan para pemain Kosta Rica dalam waktu 5 menit pertama. Sayangnya, tidak ada satu pun tembakan yang mengarah ke gawang Serbia.

Sebaliknya, Serbia yang merupakan jago belahan Eropa baru mampu membuat ancaman di menit ke-7. Alexander Kolarov melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti, sayang bola belum menemui sasaran. Ancaman dari Serbia kembali datang di menit ke-15. Kali ini, giliran Branislav Ivanovic melakukan penetrasi dari sisi kanan kotak penalti Kosta Rica. Namun, umpan silang mendatar yang dilepaskannya berhasil ditepis penjaga gawang Keylor Navas.

Pada ke-26, Serbia kembali mendapat peluang emas melalui Sergej Milinkovic-Savic, setelah menerima umpan panjang dari Alacender Kolarov. Tapi, saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Keylor Navas, Milinkovic-Savic gagal melepaskan tembakan sempurna.

Memasuki menit ke-32, Kosta Rica balik menekan ketika Marco Urena melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melambung tinggi di atas mistar gawang Vladimir Stojkovic. Hingga turun minum, kedudukan masih kacamata.

Di babak kedua, Serbia langsung mengambil inisiatif penyerangan. Hasilnya, skuad asuhan Mladen Krstajic mendapat peluang emas di menit ke-50 ketika Aleksandar Mitrovic lepas dari posisi offside dan langsung berhadapan dengan kiper Keylor Navas di kotak penalti. Sayang, bola hasil sepakannya dari jarak dekat masih bisa digagalkan kiper.

Upaya keras Serbia akhirnya membuahkan hasil di menit ke-57, ketika Alexander Kolarov menjebol gawang Keylor Navas untuk mengubah skor menjadi 1-0. Kolarov berhasil melesakkan gol lewat tendangan bebas dari depan kotak penalti Kosta Rica. Bola meluncur deras ke sisi pojok kiri atas gawang tanpa bisa dihentikan Keylor Navas.

Setelah tertinggal 0-1, Kosta Rika berupaya membalas. Namun, skuad asuhan pelatih Oscar Ramirez gagal menyamakan kedudukan. Hingga peluit panjang ditiup wasit, skor bertahan 1-0 untuk kemenangan Serbia.

Hasil ini praktis membuka jalan bagi Serbia untuk lolos ke babak knock out. Saat ini, Serbia memimpin klasemen sementara Grup E dengan nilai 3 dari sekali tanding. Serbia masih menyisakan dua pertandingan melawan favorit juara Brasil dan Swiss. Brasil yang merupakan pemegang rekor 5 kali juara Piala Dunia (1958, 1962, 1970, 1990, 2002) baru turun memainkan partai perdana melawan Swiss, Senin (18/6) dinihari tadi.

Baik Serbia maupun Kosta Rica sama-sama merupakan tim ‘Kelas II’, karena belum pernah mampu sekadar tembus babak final Piala Dunia, sejak pesta akbar sepakbola sejagat empat tahunan itu digelar di Uruguay tahun 1930. Prestasi terbaik Serbia sebatas tembus babak semifinal, sementara Kosta Rica nyaris selalu terhenti di fase grup.

Bagi Serbia sendiri, ini kesempatan untuk merajut kembali prestasi yang pernah direngkuhnya saat masih bernaung di bawah bendera Yugoslavia. Prestasi terbaik mereka adalah tembus babak semifinal Piala Dunia 1930 (ketika mereka akhirnya dihajar tuan rumah Uruguay 3-0) dan semifinal Piala Dunia 1962 (saat dilabrak Cekolovakia 3-1).

Selain itu, Serbia juga sempat tembus babak perempat final Piala Dunia 1954, 1958, 1990, dan 1998. Saat Piala Dunia 1998 di Prancis, Serbia dihajar Belanda 2-1 di babak perempat final. Terakhir, dalam Piala Dunia 2014 di Brasil, tim negeri Balkan tidak lolos kualifikasi.

Sedangkan 4 tahun sebelumnya dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Serbia tersingkir di fase grup dengan predikat haram sebagai juru kunci. Kala itu, Serbia terpuruk di bawah Jerman, Ghana, dan Australia. Namun, ketika itu mereka sempat bikin surprise dengan mengalahkan Der Panzer 1-0. *nar

Komentar