nusabali

Buleleng Minta Tambahan Delapan Bus Sekolah

  • www.nusabali.com-buleleng-minta-tambahan-delapan-bus-sekolah

Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng tahun ini kembali mengajukan permohonan ke Kementerian Perhubungan RI untuk pengadaan bus sekolah.

SINGARAJA, NusaBali
Permohonan itu diajukan tahun ini, untuk memenuhi kebutuhan transportasi siswa dan mahasiswa di Buleleng. Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan AP, dihubungi Minggu, (17/6) kemarin melalui pesan singkat mengatakan permohonan itu saat ini sudah dikirmkan ke pusat. Pihaknya pun berharap permohonan itu disetujui dan direalisasikan, sehingga dapat menangani kebutuhan transportasi pelajar dan mahasiswa.

Menurut Gunawan, delapan unit yang diajukan ke pemerintah pusat, empat di antaranya dialokasikan untuk Undiksha. Sedangkan empat sisaya jika disetujui akan dihandel oleh Dinas Perhubungan Buleleng. Bantuan bus sekolah dari Kemenhub kepada Pemkab Buleleng sebenarnya sudah terealisasi sejak akhir tahun 2016 lalu.

Dua bus bantuan pertama juga sudah mulai diujicoba sejak pertengahan tahun 2017. Dari catatan Dinas Perhubungan Buleleng selama setahun, dua bus sekolah yang selama ini berjalan mengangkut siswa di Buleleng dinilai sangat efektif. “Setiap harinya selalu penuh dan bahkan ada yang tidak bisa naik karena sudah penuh, sehingga kami masih membutuhkan beberapa unit lagi,” kata dia.

Keberadaan bus sekolah saat ini tidak hanya efektif menangani masalah kemacetan di jam-jam krodit siswa masuk sekolah dan pulang sekolah. Tetapi juga dari segi keamanan sangat terjamin karena dikemudikan oleh sopir yang berkualifikasi serta memiliki nilai ekonomis, karena dioperasikan gratis untuk siswa.

Sementara itu, jika permohonan pengadaan bus sekolah tahun ini disetujui dan direalisasikan pemerintah pusat, akan diperuntukkan untuk mengangkut siswa tidak hanya yang bermukim di perkotaan, tetapi juga di wilayah Buleleng Barat dan Timur.Sehingga pelayanan Pemkab Buleleng untuk siswa di Buleleng, dapat dirasakan merata di seluruh daerah.*k23

Komentar