nusabali

Hari ini, Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi dan Alasan Khusus

  • www.nusabali.com-hari-ini-pendaftaran-ppdb-jalur-prestasi-dan-alasan-khusus

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur alasan khusus dan prestasi tingkat SMA/SMK dibuka Senin (18/6) ini.

GIANYAR,  NusaBali

Meski kuota untuk jalur ini tidak terlalu banyak, namun diprediksi akan tetap dimanfaatkan oleh para calon peserta didik baru. Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Bali di Gianyar I Wayan Adi Sucita mengatakan pendaftaran untuk dua jalur ini akan dilaksanakan selama dua hari, 18 dan 19 Juni. Dilanjutkan dengan proses perankingan pada 20 Juni hingga pengumuman pada 21 Juni. “ Sesuai Jadwal untuk dua jalur ini prosesnya bersamaan, “ ucapnya.

Sucita mengingatkan dalam pendaftaran PPDB SMA/SMK, wajib menyertakan kartu keluarga yang diterbitkan paling lambar 31 Desember 2017. Bila ada KK dengan terbitan setelah batas waktu tersebut, peserta didik diharuskan menggunakan KK lama untuk mendaftar sekolah. “ Ini sudah menjadi kesepakatan, tidak diperkenankan menggunakan KK yang terbit setelah batas waktu itu, misal KK yang terbit pada 2018 itu tidak bisa dipakai, “ katanya.

Bila ada siswa yang menggunakan KK perpindahan per 2018, Adi Sucita menegaskan siswa yang bersangkutan harus kembali mencari sekolah sesuai KK lama. “Tidak ada jalan lain, siswa bersangkutan harus kembali mendaftar pada SMA/SMK sesuai zona yang ditetapkan pada KK lama, “ tegasnya. Sementara itu, dalam pendaftaran Jalur Alasan Khusus yang menggunakan perpindahan tugas orangtua, menurut Sucita, jalur ini hanya berlaku untuk peserta didik yang orangtuanya pejabat. “Jalur ini hanya untuk orang tertentu dalam penugasan kerja, misal orangtuanya Kapolres atau pejabat tertentu yang sedang menjalani perpindahan tugas,“ katanya. *nvi

Komentar