nusabali

Panitia PPDB Kembalikan Piagam Meragukan

  • www.nusabali.com-panitia-ppdb-kembalikan-piagam-meragukan

Jalur khusus terbagi menjadi empat meliputi perpindahan tugas orangtua, anak pendidik dan tenaga kependidikan, bina lingkungan lokal, serta anak inklusi.

BANGLI, NusaBali
Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Bangli kembalikan dua piagam milik calon siswa baru, Senin (18/6). Alasannya, piagam tersebut meragukan dan ada kesalahan tulis identitas. Pendaftaran halur prestasi dan jalur khusus tidaklah banyak.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Bangli, Dewa Putu Kantor Mudana, mengatakan di hari pertama, calon siswa yang mendaftar dari jalur prestasi sebanyak 24 orang. Namun baru 22 orang berkas persyaratannya lengkap, 2 berkas lainnya dikembalikan untuk dilengkapi kembali. “Berkasnya ada yang kurang, tadi ditemukan kesalahan identitas dalam piagam sehingga panitia belum bisa menerima berkas tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan, pendaftar jalur alasan khusus sebbanyak 9 orang. Dewa Kantor menjelaskan, jalur khusus terbagi menjadi empat meliputi perpindahan tugas orangtua, anak pendidik dan tenaga kependidikan, bina lingkungan lokal, serta anak inklusi. “Hingga siang ini baru ada 9 orang pendaftar untuk jalur alasan khusus ini. Pendaftarannya berlangsung selama dua hari,” ungkapnya. Pendafatran dibuka pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita.

Sementara Kepala SMAN 1 Bangli, I Nengah Sudaya, mengatakan sebelum berkas diserahkan, panitia lebih dulu melakukan pengecekan untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran berkas tersebut. Hasilnya menemukan salah satu piagam yang mencurigakan. “Ada piagam yang identitasnya ditebalkan. Jika dilihat seksama tulisan ada yang berbeda. Karena hal itu berkasnya dikembalikan. Bila bisa dikuatkan dari yang menerbitkan piagam tersebut, tentu bisa ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Sudaya tidak ingin sampai kecolongan, piagam yang tidak sah bisa diterima, untuk itu panitia diminta lebih teliti. Pada tahun ini, SMAN 1 Bangli, dijatah 288 siswa. Dari jumlah itu 5 persen untuk siswa berprestasi. Jika nantinya pendaftar lebih dari kuota maka akan dilakukan perengkingan. “Sudah ada sistem yang mengatur dari data yang dimasukkan, nilai bisa langsung direngking. Piagam ada bobotnya. Nominasi calon peserta didik yang diterima berdasarkan satu sertifikat nilai prestasi tertinggi,” jelasnya. Waka Kesiswaan SMKN 1 Bangli, Ngakan Asmara Putra, menambahkan buat sementara ada 15 orang mendaftar melalui jalur prestasi. *e

Komentar