nusabali

Jerman Tak Akan Hancur

  • www.nusabali.com-jerman-tak-akan-hancur

Kami tak akan hancur dan tak perlu panik cuma karena kami kalah dalam satu pertandingan.

Meksiko Bermain Tanpa Rasa Takut

MOSKOW, NusaBali
Kekalahan dari Meksiko membuat Jerman tertekan. Kini Die Mannschaft wajib menang atas Swedia dan Korea Selatan pada dua laga sisa di babak penyisihan Grup F. Pelatih Joachim Loew pun menyebut Jerman tak perlu panik.

Jerman di luar dugaan dikalahkan Meksiko 0-1 pada laga pertamanya di Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6). Sang juara bertahan gagal membalas gol semata wayang Meksiko yang dicetak Hirving Lozano pada menit ke-35.

Jerman sebenarnya lebih mendominasi permainan dengan penguasaan bola 60%. Jerman membuat total 25 percobaan mencetak gol dan 9 di antaranya tepat sasaran. Namun tak satu pun berbuah gol. Sebaliknya, Meksiko bermain efektif. Serangan balik El Tri berbahaya dan membuat lini pertahanan Jerman kerepotan.

“Kami tak menemukan solusi apa pun untuk permainan mereka di babak pertama," ujar gelandang Jerman, Toni Kroos, kepada ZDF.

Kalah di laga pertama memang tak menutup peluang Jerman lolos ke babak berikutnya. Namun, mereka tak boleh kehilangan poin pada laga melawan Swedia (23 Juni) dan Korea Selatan (27 Juni).

Pelatih Jerman Joachim Loew, menyebut timnya tampil sangat buruk, namun tak perlu panik meski kalah. Loew menyebutkan, timnya tak mampu menampilkan cara main yang biasanya.

"Kami tak akan hancur dan menjadi bodoh dan melakukan sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Tidak perlu panik cuma karena kami kalah dalam satu pertandingan," kata Loew.

Sementara itu, pencetak gol Hirving Lozano menyebutkan, kemenangan ini merupakan hasil kerja keras Meksiko. Lozano juga menegaskan, Meksiko bermain tanpa rasa takut dan ia memuji rekan setimnya yang dinilainya  sungguh luar biasa.

Dengan hasil positif ini, Meksiko mencatatkan kemenangan keenam di laga pembuka Piala Dunia. Meksiko juga mempertegas catatan bagus saat melawan tim Eropa. Hanya kalah tiga kali dalam 13 laga terakhir, laga lainnya berakhir dengan lima kemenangan dan lima hasil imbang.

Pelatih Meksiko Juan Carlos Osorio menegaskan, kemenangan atas Jerman bukanlah sebuah hasil instan bagi Meksiko. Menurut Osorio, timnya mulai menyusun rencana enam bulan lalu. Ia harus mengubah beberapa bagian karena ada cedera, tapi pada dasarnya memanfaatkan pemain-pemain yang sangat cepat di sisi sayap. *

Komentar