nusabali

Alumni SMPN 1 Klungkung Gelar Temu Kangen

  • www.nusabali.com-alumni-smpn-1-klungkung-gelar-temu-kangen

Undang Mantan Guru, Diisi Pemeriksaan Kesehatan Gratis

SEMARAPURA, NusaBali
Alumni SMPN 1 Klungkung (sekarang SMPN 1 Semarapura) Angkatan tahun 1982-1985 (tamat 1985), mengadakan acara temu kangen atau reuni pada pada Minggu (17/6) bertempat di SMPN 1 Semarapura, Klungkung.

Acara reuni yang sudah digagas sejak empat tahun yang lalu dan baru terlaksana pada tahun ini, mengundang 30 mantan guru-guru SMPN 1 Klungkung, baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif sebagai pengajar. Sebanyak 20 orang mantan guru-guru yang diundang pada acara tersebut hadir dan memeriahkan reuni yang dilaksanakan.

Agenda reuni dimulai pada pk 10.00 Wita berlangsung hingga sore hari. Acara diisi dengan berbagai agenda seperti pemeriksaan kesehatan gratis bagi para guru- maupun siswa/siswi yang hadir. Peserta reuni yang berprofesi sebagai dokter dan tenaga medis sangat antusias memberikan pemeriksaan kepada para guru-guru sebagai salah satu wujud bhakti dan pengabdian seorang murid kepada para gurunya. Pada kesempatan tersebut, alumnus SMPN 1 Klungkung Angkatan 1982-1985 juga menyerahkan bantuan berupa 5 (lima) perangkat komputer dan 2 (dua) buah printer. Perangkat komputer yang diserahkan merupakan sumbangan yang dikumpulkan dari seluruh alumnus yang disumbangkan kepada almamaternya untuk kepentingan dan membantu meningkatkan proses belajar di SMPN 1 Semarapura. Selain sumbangan berupa komputer yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Semarapura Nyoman Karyawan SPd MPd juga diserahkan cinderamata kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Semarapura dari panitia reuni. Hal ini mendapatkan sambutan dan apresiasi yang luar biasa dari Kepala Sekolah SMPN 1 Semarapura.

Ketua Panitia Reuni SMPN 1 Klungkung Angkatan 1982-1985, Ida Bagus Purwa Sidemen dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan reuni ini dilakukan setelah melakukan beberapa persiapan serta mencari informasi terkait keberadaan teman-teman yang bekerja dan tinggal di Bali maupun di luar kota seperti Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, Lombok, Sumba, dan Kalimantan. Acara berlangsung sangat meriah sebagai bentuk melepas kangen dan rindu saat bertemu setelah 33 tahun berpisah. Kepada mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Klungkung beserta bapak/ibu guru lainnya  diserahkan Tanda Penghargaan dari Panitia Reuni Alumni  Angkatan tahun 1982-1985, yang diserahkan langsung oleh panitia berikut cinderamata sebagai wujud tali kasih dan mempererat silaturahmi antara siswa dan para guru-guru mantan pendidiknya. “Acara reuni ini juga menjadi obat temu kangen para siswa (alumni) maupun para guru-guru yang hadir, karena guru-guru yang sudah pensiun juga cukup lama tidak saling bertemu,” ujarnya.

Semangat yang luar biasa masih tersirat pada reuni tersebut saat mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Klungkung, I Wayan Sirna memberikan sekapur sirih, yang mengingatkan kembali bagaimana dunia pendidikan akan membawa hasil yang baik bagi generasi bila proses pendidikan dilakukan dengan baik dan benar, seperti konsep yang telah diterapkan dan dijalankannya saat masih menjadi pimpinan sekolah berupa konsep 4 (empat) pilar yaitu Sama, Beda, Danda, dan Dana. Acara reuni yang dihadiri ratusan siswa alumni atau sekitar 50% dari angkatan 1982-1985 berjalan hangat dan lancar, dipandu oleh penyanyi Dewi Pradewi dengan berbagai aktivitas dan hiburan hingga ramah tamah makan siang bersama.

”Acara reuni SMPN 1 Klungkung, setelah 33 tahun lamanya memendam kerinduan untuk bertemu bersama, ditutup pada sore hari tentunya setelah aktivitas  obrolan, canda, temu kangen, dan cerita-cerita lama mengenang masa-masa kecil satu sama lainnya semasa sekolah dulu terpuaskan,” kata Purwa Sidemen yang kini dosen di Unhi dan Direktur Eksekutif PHRI Bali .  *isu

Komentar