nusabali

Buldog Deklarasikan Komitmen Kawal Pilgub Bali Berjalan Damai

  • www.nusabali.com-buldog-deklarasikan-komitmen-kawal-pilgub-bali-berjalan-damai

Suka Duka Pasemetonan Buleleng Dogen (Buldog) deklarasikan komitmen untuk kawal Pilgub Bali 2018 berjalan aman.

DENPASAR, NusaBali
Deklarasi ini dilakukan saat Suka Duka Pasemetonan Buldog melakukan simakrama dengan Polda Bali di sebuah warung makan kawasan Niti Mandala Denpasar, Selasa (19/6) siang. Kegiatan simakrama Suka Duka Pasametonan Buldog dan Polda Bali, Selasa kemarin, dihadiri Direktur Intelkam Polda Bali Kombes Akhmad Jamal Yuliarto SIk, Wadir Intelkam Polda Bali AKBP Dwi Wahyudi SIk, dan Ketua DPP Buldog I Made Sukadarma alias Gobang. Dalam simakrama tersebut juga dilakukan dialog soal pentingnya kondisi aman dan damai di Pulau Dewata, terlebih dengan adanya Pilgub Bali 2018, Pilkada Gianyar 2018, dan Pilkada Klungkung 2018.

Pertemuan dialog dan ramah tamah ini digelar oleh Polda Bali sekaligus untuk menjalin hubungan sinergis antara kepolisian dengan seluruh elemen masyarakat secara berkelanjutan. Diri dialog tersebut terungkap bahwa masalah keamanan Bali adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.

Direktur Intelkam Polda Bali, Kombes Akhmad Jamal, menyatakan Pulau Dewata adalah daerah pariwisata yang sangat sensitif dengan masalah keamanan. Nah, menjaga keamanan di wilayah Bali tidak hanya menjadi tugas dan peran kepolisian, namun seluruh elemen masyarakat.

“Jadi, seluruh elemen masyarakat termasuk saudara-saudara kami di Suka Duka Pasemetonan Buldog bisa bersama-sama menjaga keamanan Bali. Selama ini, desa adat dengan pecalangnya sangat peduli dan banyak membantu kepolisian dalam menjaga keamanan Bali. Mudah-mudahan kondisi ini terus berjalan,” ujar Kombes Akhmad Jamal.

Kombes Akhmad menambahkan, ketika Bali kondusif, maka aktivitas masyarakat berjalan lancar. “Turis banyak yang datang, ekonomi berputar, guide dapat rezeki, sopir taksi dapat rezeki, hotel-hotel penuh. Jadi, semuanya enak, semuanya bahagia,” kelakar perwira yang berpengalaman bertugas di Interpol ini disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu, Ketua DPP Buldog Made Sukadarma alias Gobang berama seluruh jajaran pengurusnya, kemarin deklarasikan komitmen untuk kawal pelaksanaan Pilgub Bali 2018 berjalan damai. “Kami siap menjaga keamanan dan kedamaian Bali, serta pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni 2018 berjalan damai. Kami bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat Bali,” ujar Sukadarma.

Sukadarma membeber anggota Suka Duka Pasemetonan Buldog tinggal tersebar di seluruh Bali, dengan prinsip kedepankan menyamabraya. Jumlah anggota Suka Duka Pasemetonan Buldog yang resmi terdaftar dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) mencapai 7.000 orang.

“Kami sejak terbentuk sudah punya komitmen menjaga Bali ini damai. Kami kedepankan persaudaraan dan menyamabraya, sehingga gesekan dan gangguan keamanan bisa dicegah. Prinsip kami, Bali ini milik kita bersama. Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga Bali?” tandas Sukadarma.

Pria berbadan kekar ini mempertegas bahwa dalam peraturan organisasi Buldog, sudah ada rambu-rambu bagi anggotanya untuk bersinergi dengan lingkungan, komponen masyarakat, lembaga pemerintah, dan kepolisian. Dasar pertimbangannya, kalau Bali aman dan damai, pariwisata bisa tumbuh, ekonomi Bali bisa terdongkrak, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Kita tegaskan di mana ada Buldog, di sana ada senyum. Kalau Bali aman, pariwisata kita pasti terdongkrak dan pertumbuhan ekonomi Bali naik untuk kesejahteraan masyarakatnya. Kami mendukung Polda Bali dan bersinergi untuk kawal Pilgub Bali 2018 berjalan damai, lancar, dan sukses,” katanya. *nat

Komentar