nusabali

Festival Layang–layang Bupati Cup II Siap Digelar

  • www.nusabali.com-festival-layang-layang-bupati-cup-ii-siap-digelar

Festival layang-layang kembali akan digelar di Kabupaten Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Festival Layang–layang Bupati Cup II rencananya dipusatkan di Pantai Munggu, Kecamatan Mengwi, pada 14–15 Juli 2018. Dinas Pariwisata Kabupaten Badung selaku leading sector menggandeng Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Bali maupun Badung untuk penyelenggaraan festival tersebut. Kepala Dinas Pariwisata Made Badra, mengatakan dalam festival kali ini akan melibatkan sedikitnya 1.000 layang-layang.

“Nantinya layang-layangi ini akan dilombakan dari berbagai jenis kategori seperti lomba layangan bebean, janggan dan janggan buntut, pecukan, dan kreasi,” ucap birokrat asal Kuta, itu ketika dikonfirmasi, Selasa (19/6).

Badra mengaku, kendati pelaksanaan lomba pada Juli 2018, namun panitia lomba sudah terbentuk. “Seperti tujuan awal, festival layang-layang ini untuk mempromosikan pariwisata sekaligus melestarikan budaya,” tuturnya. Festival layang-layang juga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Dijelaskannya, bila berkaca pada festival serupa tahun lalu, antusiasme masyarakat dan wisatawan sangat luar biasa. Untuk itu, pihaknya sangat yakin pada Festival Layang–layang Bupati Cup II ini juga menyedot wisatawan untuk datang. “Tahun lalu bahkan wisatawan manca negara juga ikut bermain layang-layang. Mudah-mudahan sekarang dengan adanya festival ini akan meningkatkan wisatawan manca negara datang ke Bali,” harapnya. “Semoga nanti kegiatan tersebut bisa dilaksanakan sesuai harapan. Apalagi saat itu momen liburan,” imbuh Badra.

Disinggung mengenai kebutuhan anggaran, Badra menyatakan kegiatan ini telah dianggarkan sebesar Rp 394.909.800. “Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama yang baik dari OPD terkait dan semua pihak, terutama dari pihak Pelangi Badung, Pelangi Bali, Kepala Desa Munggu, desa adat setempat, pokdarwis, pihak kepolisian, dan lain sebagainya,” tandas Badra. *asa

Komentar