nusabali

Angin Kencang, Aktivitas PPI Sangsit Masih Sepi

  • www.nusabali.com-angin-kencang-aktivitas-ppi-sangsit-masih-sepi

Aktivitas bongkar muat barang di Dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sangsit, Banjar Pabean, Desa Sangsit,  Kecmatan Sawan, Buleleng, masih sepi.

SINGARAJA,  NusaBali
Situasi ini bukan karena libur panjang hari raya Lebaran, melainkan karena cuaca buruk berupa angin kencang sejak Sabtu (16/6). Aktivitas bongkar muat barang di PPI Sangsit,  biasanya dilakukan oleh kapal-kapal pengangkut ikan dari daerah Sapeken, Madura, Jawa Timur. Kapal-kapal tersebut juga mengangkut penumpang dari daerah Sapeken atau sebaliknya dari PPI Sangsit ke Sapeken.  Nah, sejak hari raya Idul Fitri,  kapal-kapal dari Sapeken tidak ada yang bersandar di Dermaga PPI.

Salah seorang warga Desa Sangsit,  Jamaludin yang ditemui di PPI Sangsit,  Selasa (19/6), mengungkapkan,  semestinya kapal-kapal dari Sapeken sudah ada yang bersandar di PPI, mulai Senin (18/6) malam. Namun karena cuaca buruk,  semua nakhoda kapal barang dari Sapeken tidak berani berlayar. Jamaludin mengetahui hal itu dari menantunya yang Lebaran di Sepakan,  Madura. “Menantu saya bilang di sana kapal ikan tidak ada yang meluat karena angin kencang. Sekarang sudah mulai normal, kemungkinan mulai besok (Rabu ini, Red) sudah ada kapal yang sandar di PPI, ” terangnya.

Pantauan di Dermaga PPI Sangsit kemarin, hanya terlihat beberapa warga tengah memancing ikan dari atas dermaga. Di beberapa gedung PPI juga tampak sepi dan nyais tidak ada aktifitas seperti layaknya di pelabuhan pada umumnya. Di sekitar dermaga terlihat tumpukan boks penyimpanan ikan yaang sudah kosong. Biasanya, boks ikan itu diangkut ke Sapekan setelah ada kapal yang membongkar muatan di PPI. Namun karena belum ada kapal yang sandar,  boks ikan itupun belum terakngkut.

Meski belum ada aktivitas bongkar muat, jajaran Polsek Sawan, Polisi Polair (Polair), dan TNI AL tampak berjaga-jaga dengan menempati Pos Pengamanan Lebaran 2018 yang ditenpatkan di PPI Sangsit. Penempatan pos pengamanan itu guna pemeriksaan dokumen kapal, identitas ABK dan penumpang, termasuk barang bawaan penumpang, setelah tiba di PPI Sangsit.

Kapolsek Sawan AKP Wayan Wisnawa seizin Kapolres Buleleng AKBP Suratno mengatakan, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Polisi, TNI AL, dan Syahbandar Pelabuhan Kelas III akan mengawasi setiap kedatangan kapal di PPI. Pengawasan ketat ini meliputi pemeriksaan KTP atau identitas lain bagi pemudik yang ikut menumpang kapal ikan. Pemeriksaan ini mengantisipasi masuknya penduduk pendatang (duktang) tanpa identitas. Selain itu, dokumen kapal dan barang yang diangkut juga akan diawasi dengan ketat sebelum nantinya dilakuan bongkar muat. “Belum ada kapal yang masuk dan kami tetap siaga dan sesuai protap setiap kedatangan kapal akan diperiksa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya. *k19

loading...

Komentar