nusabali

Pos BNPP Jembrana Galakkan Patroli di Selat Bali

  • www.nusabali.com-pos-bnpp-jembrana-galakkan-patroli-di-selat-bali

Kepadatan arus balik pemudik menuju Bali atau arus balik wisatawan domestik (wisdom) menuju Jawa melalui jalur lintas Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk di Selat Bali, setelah Hari Raya Idul Fitri diatensi jajaran Pos Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kabupaten Jembrana dengan meningkatkan patroli.

NEGARA, NusaBali
Patroli yang semakin diintensifkan itu, dimaksudkan untuk mengawasi aktivitas pelayaran kapal, termasuk antisipasi dini terhadap kemungkinan cuaca buruk. Seperti patroli pada Selasa (19/6) siang, mengelilingi jalur lintasan kapal penyeberangan hampir selama 1 jam, dikerahkan sebuah kapal boat serta sebuah jetsky. Dari hasil pengawasan, aktivitas kapal penyeberang ditemukan cukup padat, dan cuaca bersahabat. “Sementara tidak ada masalah. Memasuki arus balik ini, situasi masih aman. Tetapi situasi tetap akan kami awasi,” ujar Koordinator Pos BNPP Jembrana I Komang Sudiarsa, Selasa kemarin.

Menurutnya, pengawasan terhadap cuaca maupun aktivitas kapal penyeberangan di Selat Bali ini, sengaja lebih ditingkatkan berkenaan moment arus balik pemudik ataupun arus balik wisdom. Di mana saat terjadi kepadatan penumpang baik dari Pelabuhan Ketapang ataupun Pelabuhan Gilimanuk, muatan dalam kapal penyeberangan cukup penuh, sehingga perlu lebih diawasi. “Kalaupun terjadi hal-hal tidak diinginkan, semisal kapal kandas atau kecelakaan di laut, kami bisa lebih cepat memberikan pertolongan,” katanya.

Terkait prakiraan cuaca, pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dari hasil koordinasi Selasa kemarin, diperkirakan cuaca bersahabat. Belum ada potensi gelombang tinggi ataupun angin kencang yang dapat mengganggu aktivitas pelayaran. “Selain prakiraan, kami tetap lakukan pengawasan di lapangan. Kita harapkan bersama, mudah-mudah tidak ada gangguan pelayaran,” ucap Sudiarsa yang memimpin patroli di Selat Bali kemarin. *ode

Komentar