nusabali

Pemeriksaan Duktang Diperketat

  • www.nusabali.com-pemeriksaan-duktang-diperketat

Memasuki arus balik lebaran, Polsek Kota Singaraja, tengah menyiapkan antisipasi penduduk pendatang (duktang) dari luar Bali.

SINGARAJA, NusaBali
Pemeriksaan duktang pun dipastikan akan lebih ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Polsek pun kini mengaku tengah memetakan kantong-kantong duktang di wilayah hukumnya.

Menurut Kapolsek Kota Singaraja, Kompol AA Wiranata Kusuma, Rabu (20/6) kemarin menyebutkan pemeriksaan duktang selain mengecek kelengkapan administrasi juga pendataan tujuan mereka datang merantau di Buleleng. “Pemeriksaan dan pengecekan nanti akan turun bersama pemerintah, kecamatan, Satpol PP dan desa adat,” kata dia.

Dari hasil pendataan dan perbandingan tahun lalu, duktang yang datang ke Buleleng menyebar hampir merata di seluruh daerah. Biasanya mereka datang diajak sanak saudara mereka yang sudah tinggal dan mengais rezeki di Buleleng. Seperti pedagang-pedagang kaki lima, hingga usaha dagang dan bisnis lainnya.

Menurutnya masuknya duktang di seluruh wilayah Indonesia merupakan hal yang wajar. Apalagi Indonesia merupakan negara kesatuan. Hanya saja antisipasi tetap harus dilakukan untuk menjaga kondusivitas sebuah daerah. Tujuannya, agar penduduk yang datang benar-benar memiliki tujuan positif dan mencari pekerjaan yang benar.

Sementara itu sejauh ini menurutnya Buleleng masih dalam situasi yang kondusif. Pihaknya pun berharap kondisi ini bisa bertahan seterusnya. Termasuk nanti dalam pelaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang sudah di depan mata.*k23

Komentar