nusabali

Ratusan LPJ Bypass Mantra Padam

  • www.nusabali.com-ratusan-lpj-bypass-mantra-padam

Pemerintah sekarang ini terkesan sudah kehilangan perhatian untuk keselamatan warga di jalan raya ini.

GIANYAR, NusaBali
Ratusan lampu penerangan jalan (LPJ) di Jalan Bypass Prof DR IB Mantra, terutama wilayah Gianyar, padam. Kondisi itu berlangsung sejak lima tahun lebih. Namun belum ada perhatian dan solusi dari pihak pemerintah sehingga jalan ini makin gelap.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar Made Rai Ridharta menyatakan jalan bypass Prod DR IB Mantra merupakan jalan nasional yang kewenanganya ada pada Balai Jalan di Provinsi Bali. “Sehingga segala perlengkapan jalan seperti LPJ (lampu penerangan jalan, Red) menjadi kewenangan mereka,” ujar Rai, Rabu (20/6).

Menurutnya, masalah lampu mati di bypass Mantra ini, Pemkab Gianyar tidak bisa mengambil alih. “Kabupaten Gianyar tidak bisa masuk dalam hal itu. Itu jalan nasional,” jelasnya.

Mengenai padamnya ratusan titik LPJ itu, Rai mendesak agar pengelola jalan nasional menghidupkan LPJ tersebut demi keamanan dan kenyamanan pengendara. “Tapi kendalanya sekarang, LPJ yang dipasang dan dirawat oleh pusat dan provinsi, namun untuk pajak penerangannya masuk ke kabupaten dan kota,” jelasnya.

Pihak Dishub Gianyar sendiri telah menyampaikan masalah tersebut berulang kali ke pihak terkait. Namun belum ada titik temu. “Setiap ada rapat koordinasi (antara pusat dan daerah, Red) selalu disampaikan,” terangnya. Ditambahkan Rai, penerangan jalan ini berdampak pada faktor risiko berkendara. “LPJ ini sangat diperlukan terutama pada daerah rawan kecelakaan seperti tikungan,” terangnya.

Tidak hanya itu, jelas Rai, walau jalan di by pass ini cenderung lurus, namun LPJ sangat diperlukan terutama saat memasuki jalan naik atau menurun, bahkan bergelombang. “Data menunjukkan bahwa kecelakaan lalu lintas dapat dikurangi hingga 45 persen dengan dipasangnya LPJ,” tukasnya.

Pantauan koran ini, setiap malam, LPJ di jalan Bypass IB Mantra sepanjang Gianyar ada yang hidup, namun ratusan yang mati. Pada daerah tertentu seperti jalan menanjak atau jalan menurun, lampu penerangan justru mati. Warga sekitar pun mempertanyakan komitmen para pejabat pemerintah dalam menyikapi LPJ padam ini. ‘’Melihat ratusan LPJ padam ini bertahun-tahun, pemerintah sekarang ini terkesan sudah kehilangan perhatian untuk keselamatan warga di jalan raya ini,’’ jelas warga yang enggan disebut namanya. *nvi

loading...

Komentar