nusabali

Hari Pertama Ngantor, Inspektorat Pergoki Pegawai Telat

  • www.nusabali.com-hari-pertama-ngantor-inspektorat-pergoki-pegawai-telat

Kasus pegawai di lingkup Pemkab Buleleng datang terlambat masuk kerja, kembali ditemukan, di hari pertama kantor pemerintahan buka, Kamis (21/6) setelah libur panjang Lebaran.

SINGARAJA, NusaBali
Kasus itu pun menjadi catatan dari tim terpadu yang dari Inspektorat dan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Pemkab Buleleng.

Tim terpadu yang terdiri dari 11 kelompok, melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah kantor hingga ke kecamatan dan kelurahan. Sidak ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka, beserta Kepala Inspektorat, I Putu Yasa, dan Kepala BKSDM, Gede Wisnawa, serta Asisten dan Staf Ahli.

Tim yang dipimpin Sekda Dewa Ketut Puspaka melaksanakan sidak di lingkungan Sekretariatan Pemerintah Kabupaten (Setkab). Sedangkan tim lainnya menyasar sejumlah kantor di luar Setkab. Hasilnya, meski tingkat kehadiran hampir 100 persen, namun masih ditemukan beberapa ASN yang terlambat masuk kerja. Mereka yang terlambat masuk kerja ini karena kondisi cuaca Kamis kemarin turun hujan. Sedangkan yang tidak masuk kerja karena sakit dan izin tugas luar kantor.

Sekda, Dewa Ketut Puspaka menjelaskan, sidak ini dilakukan terkait juga dengan penekanan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui surat edaran. Dikatakan, meskipun cuaca kurang mendukung karena hujan lebat tingkat kehadiran ASN cukup baik. Disebutkan, kehadiran para ASN di lingkup Setda sudah cukup signifikan dan hampir sebagian besar hadir. Ada satu dua oraang yang berhalangan karena sakit. “Kehadiran para ASN cukup signifikan pada hari pertama ini meskipun cuaca tidak mendukung,” ujar Puspaka.

Sekda pun berharap kedisiplinan ini tidak hanya pada hari ini saja melainkan hari-hari berikutnya juga harus dipertahankan. Puspaka beserta para asisten akan terus mengawasi para ASN tidak hanya di Setda saja tapi juga semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Buleleng. Sidak pun telah menyebar yang dilakukan oleh BKPSDM dan juga Inspektorat. “Saya harap kedisiplinan ini tidak hanya hari ini saja, melainkan seterusnya para ASN harus disiplin,” harapnya.

Sementara, Kepala Inspektur I Putu Yasa menambahkan, secara umum hasil sidak sudah menunjukkan pemenuhan unsur disiplin dari para ASN. Meskipun ada ASN yang tidak hadir dengan alasan izin atau sakit, tidak mempengaruhi kedisiplinan yang ada. Dikatakan, pihaknya tengah menyusun laporan hasil sidak tersebut untuk dilaporkan ke Kemenpan RB. “Secara umum tingkat kedisiplinan sudah signifikan dan tidak ada ASN yang tidak hadir tanpa alasan,” katanya. *k19

Komentar