nusabali

Jambret Iphone Aussie, Pengangguran Dijuk

  • www.nusabali.com-jambret-iphone-aussie-pengangguran-dijuk

Seorang pengangguran asal Munti Gunung, Karangasem bernama I Nyoman Karyawan, 25, ditangkap petugas Reskrim Polsek Kuta di Jalan Juet Sari, Pemogan, Denpasar Selatan, Senin (18/6) malam.

DENPASAR, NusaBali
Ditangkapnya tersangka ini karena melakukan aksi penjambretan Iphone milik seorang wisatawan asal Austrialia, Pierre Zakhia, 46, saat melintas di Jalan Melasti, Legian, Kuta Badung pada Minggu (17/6) lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, penangkapan terhadap tersangka I Nyoman Karyawan berawal dari laporan korban Pierre Zakhia yang menginap di Hotel Legian Beach, Kuta, Badung. Dalam laporannya, korban mengaku menjadi korban penjambretan oleh seorang pria yang menggunakan sepeda motor matic saat melintas di Jalan Melasti usai bertandang ditempat hiburan diseputaran kawasan Legian.

Korban yang berjalan sendirian tersebut dibuntuti oleh tersangka dan menarik Iphone yang sedang di pegang korban. “Korban ini mengaku tidak menduga akan aksi jambret itu, soalnya dia jalan santai dengan memegang Iphonenya. Pas dekat, tiba-tiba tersangka merampas secara paksa dan kabur dengan kecepatan tinggi,” terang sumber dikepolisian, Kamis (21/6) sore.

Mendapati laporan itu, petugas kepolisian melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi dan mengecek rekaman CCTV di TKP. Dari hasil olah TKP terungkap jika tersangka menggunakan sepeda motor matik Honda Vario dan mengidentifikasi nomor platnya.

Hasilnya, petugas berhasil mengantongi identitas  pria yangtidak memiliki pekerjaan tetap itu. “Setelah mengantongi indentitasnya, petugas melacak tempat tinggal pelaku. Pada Senin siang, pelaku ditangkap di kosnya di Jalan Juet Sari, Pemogan. Saat dilakukan penggeledahan di kamar pelaku, ditemukan Iphone korban. Tersangka dan barang bukti diamankan ke Polsek Kuta,” ungkap sumber tadi.

Hasil pemeriksaan di Polsek, tersangka mengaku bahwa telah menjambret sebanyak 3 kali dalam sebulan terakhir. Dalam aksinya dia dibantu oleh temannya yang masih buron berinisia Jo. Menurut tersangka, bahwa mereka melakukan aksi khusus menyasar wisatawan negara asing yang menggenggam HP. “Kami masih dalami keterangan pelaku. Tapi, dugaaan awal bahwa pelaku melakukan aksinya belasan kali. Ini yang masih didalami lagi,” tutupnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu Aan Saputra RA membenarkan terkait penangkapan tersangka penjambretan itu, menurut dia, penyelidikan kasus tersebut masih berlangsung untuk mengungkap pelaku dan lokasi lainnya. “Semuanya masih dalam penyelidikan. Karena masih ada tersangka lainnya yang terlibat dalam aksi jambret itu,” katanya singkat. *dar

Komentar