nusabali

Iklan Burger Dinilai Lecehkan Wanita Rusia

  • www.nusabali.com-iklan-burger-dinilai-lecehkan-wanita-rusia

Iklan restoran cepat saji Burger King di Piala Dunia 2018 dinilai melecehkan wanita Rusia.

MOSKOW, NusaBali
“Perempuan yang mendapatkan gen pesepakbola terbaik akan mempromosikan kesuksesan tim Rusia untuk generasi mendatang," bunyi kata-kata dalam iklan itu.

Di iklan itu, Burger King mengumumkan sayembara, bagi wanita Rusia yang sukses dihamili para pesepakbola di World Cup akan mendapat hadiah 3 juta rubel (sekitar Rp 668 juta). Promosi ini menyebabkan kemarahan publik di negara tuan rumah. Rusia pun memaksa perusahaan menghapus iklan tersebut.

Tak hanya iklan Burger King yang memicu perdebatan, pemberitaan media-media Rusia dinilai cenderung mendeskriditkan wanita negara tersebut. Mereka digambarkan sebagai pemangsa seksual yang memburu mangsanya. Artikel di media pro-Kremlin mendeskripsikan cara mereka "memancing penggemar asing" dan mengobrol dengan mereka.

"Trik cinta: Keindahan Rusia menangkap penggemar asing," tulis surat kabar Moskovskiy Komsomolets. Aktivis hak-hak perempuan Rusia, Alyona Popova, mengatakan kepada BBC, ada kurangnya ketegasan di kalangan perempuan Rusia. Mereka cenderung diam saja sekalipun mendapat pelecehan.*

Komentar