nusabali

Jalur Prestasi, SMPN 6 Tabanan Baru Dapat 1 Siswa

  • www.nusabali.com-jalur-prestasi-smpn-6-tabanan-baru-dapat-1-siswa

SMPN 5 Kediri Malah Belum Kebagian Siswa

TABANAN, NusaBali

Sekolah baru yang dibuat Pemkab Tabanan, yakni SMPN 6 Tabanan dan SMPN 5 Kediri pada masa jalur prestasi, miskin dan khusus masih belum kebagian siswa. Baru satu orang calon siswa lewat jalur miskin yang sudah mendaftar di SMPN 6 Tabanan. Sementara untuk SMPN 5 Kediri sama sekali belum ada siswa yang mendaftar.

Plt SMPN 6 Tabanan, I Made Sucahya sekaligus Kepala SMPN 1 Tabanan mengatakan, sampai saat ini baru ada satu siswa dari jalur miskin yang mendaftar di SMPN 6 Tabanan. Dia memprediksi pendaftaran baru ramai ketika pendaftaran zonasi dimulai pada 26 Juni nanti. "Kalau sekarang kan tidak mungkin mereka daftar lewat jalur prestasi di SMPN 6 Tabanan," ujarnya, Jumat (22/6).

Kata Sucahya, untuk tahun 2018 ini ada 400 siswa yang tidak akan tertampung di SMPN 1, 2 dan 3 Tabanan. Kalau mau ke sekolah negeri pastinya daftar ke SMPN 6 Tabanan. Hanya saja sekarang masih belum ada, kemungkinan pada pendaftaran jalur zonasi akan ada siswa yang mulai mendaftar. "Sekarang tunggu pendaftaran di jalur zonasi pada Senin depan, mudah-mudahan banyak yang daftar supaya tidak rugi kita bangun sekolah baru," jelasnya.

Di sisi lain, terkait dengan tiga jalur prestasi, khusus dan miskin sudah selesai dilakukan di SMPN 1 Tabanan. Dari tiga jalur tersebut hanya kuota jalur khusus yang tidak terpenuhi, pendaftarnya hanya 6 orang. Sementara untuk jalur prestasi kuota 5 persen atau hanya mencari 15 orang, tapi yang daftar sampai 67 orang.

Sedangkan untuk jalur miskin sesuai juknis kuota minimal 5 persen, sehingga yang diterima 6 persen atau 16 orang. "Jadi yang kuota tidak terpenuhi nanti akan dilengkapi di jalur zonasi," tegas Sucahya. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Gede Susila mengatakan, sejauh ini pendaftaran untuk sekolah baru di SMPN 6 Tabanan memang baru ada 1 siswa yang mendaftar. Sedangkan di SMPN 5 Kediri belum ada yang daftar. "Memang belum, tanggal 26 nanti baru ada," ujarnya. *d

Komentar