nusabali

Caleg New Comer Punya Tanggung Jawab Moral

  • www.nusabali.com-caleg-new-comer-punya-tanggung-jawab-moral

Caleg new comer atau pendatang baru dari PDIP pada Pileg 2019 harus bertanggungjawab moral memenangkan Paket Aman (Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun) yang diusung PDIP dan Hanura pada Pilkada Gianyar 2018.

Menangkan Paket Aman di Pilkada Gianyar


GIANYAR, NusaBali
Selain itu juga ikut memenangkan Cagub-Cawagub Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) yang diusung PDIP-Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP pada Pilgub Bali 2018. Namun caleg pendatang baru baik untuk DPRD Gianyar dan Provinsi Bali tak terikat pakta integritas untuk memenangkan paket tersebut. Pakta integritas yang wajib memenangkan dua paket itu hanya berlaku untuk caleg incumbent.

Hal itu disampaikan Ketua DPC PDIP Gianyar, Made Agus Mahayastra di Gianyar, Kamis (21/6). Kata Mahayastra, pakta integritas itu berlaku untuk semua caleg incumbent PDIP di seluruh Bali. Isinya, setiap caleg incumbent dari PDIP wajib memenangkan paket yang diusung PDIP.  

Wilayah yang mereka menangkan adalah pada dapil masing-masing. Misal, caleg incumbent DPRD Bali wajib mengamankan suara di dapil Kabupaten Gianyar. Sedangkan caleg incumbent DPRD Gianyar wajib mengamankan suara pada desa-desa yang telah ditentukan. Wilayah dimaksud, yakni suara di desa asal caleg bersangkutan dan di desa penyandingnya.

"Kami di DPC PDIP Gianyar punya catatan caleg siapa harus mengamankan suara untuk minimal di tiga desa. Salah satu di desa asal caleg dimaksud," jelas Ketua DPC PDIP Gianyar ini.

Mantan Wabup Gianyar pendamping Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata 2013-2018 ini menyatakan, caleg new camer belum dibebankan tanggungjawab seperti caleg incumbent dalam memenangkan dua paket ini. Karena mereka caleg new camer belum punya fasilitas jabatan sebagai anggota DPRD, seperti hibah bansos.

Terkait itu, pihaknya memastikan semua anggota DPRD Gianyar sekarang kembali dapat jatah jadi caleg. Mereka baik anggota DPRD yang akan dicalegkan di DPRD Gianyar dan ke DPRD Provinsi Bali atau, bisa saja anggota DPRD Bali dari PDIP yang dicalegkan ke DPR RI.

Mahayastra mengakui, pasca putaran kampanye Pilkada serentak 2018 berakhir 23 Juni 2018, pihaknya mengharapkan semua kader PDIP terutama para caleg incumbent dan new camer dapat menjaga konstituen di wilayah banjar, desa, atau dapil masing,-masing.  Sementara itu, Paket Aman dan Tim Pemenangan Paket Aman dan Koster-Ace,

telah mengakhiri kegiatan kampanyenya, Kamis (20/6), di Banjar Buluh dan Banjar Manikan, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati. Bentuk kampanye berupa kebulatan tekad memenangkan Paket Aman dan Koster-Ace 85 persen. "Sedangkan para kader hampir semua  kampanye di masing-masing kecamatan di Kabupaten Gianyar," jelasnya. *lsa

Komentar