nusabali

4 Guru Siap Jalani Visitasi Widya Kusuma

  • www.nusabali.com-4-guru-siap-jalani-visitasi-widya-kusuma

Empat guru dari Karangasem siap mengikuti visitasi (kunjungan) Widya Kusuma. Agenda visitasi untuk guru TK dan pengawas SD pada Kamis (28/6)

AMLAPURA, NusaBali

Sedangkan Kasek SMK dan pengawas SMP, Kamis (5/7). Empat guru ini siap memperebutkan Trofi Widya Kusuma atau gelar tokoh pendidikan Bali tahun 2018.  Keempat guru itu yakni guru TK Negeri Pembina Desa Rendang Ni Nyoman Diari, pengawas SD Kecamatan Rendang Ngakan Putu Suarjana, pengawas SMP I Dewa Gede Adnyana, dan Kasek SMK Negeri Amlapura I Wayan Artana. Visitasi dari Tim Provinsi Bali nantinya menguji banyak hal, mulai dari proses pembelajaran, mengelola sekolah, pengabdian social, dan interaksi terhadap lingkungan.

Visitasi juga mencocokkan antara prestasi yang dilampirkan di portofolio dengan bukti fisik. Misalnya meraih penghargaan berupa trofi, nantinya dalam visitasi dibuktikan dengan menampilkan trofi aslinya. Begitu juga penghargaan berupa piagam. “Namanya juga visitasi, semuanya ditanyakan. Bukan saja penilaian bidang akademis, juga sejauh mana pengabdian sosial di masyarakat,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, Kamis (21/6).

Visitasi merupakan rangkaian penilaian terakhir. Pemenangnya diumumkan dan Trofi Widya Kusuma diserahkan di puncak HUT ke-60 Provinsi Bali, 14 Agustus mendatang. Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana, mengaku siap menjalani visitasi. “Kami sudah siap, termasuk siap diuji sejauh mana pengabdian sosial di masyarakat,” jelas Artana. Sebab selama ini mengelola sekolah bukan saja menangani secara teknis, juga non teknis. “Misalnya ada siswa karauhan, terjadi gangguan niskala, kami tangani sendiri,” jelas tokoh pendidikan dari Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem ini.  *k16

Komentar