nusabali

Belgia Gilas Tunisia, Rekor Gol Lukaku Samai Ronaldo

  • www.nusabali.com-belgia-gilas-tunisia-rekor-gol-lukaku-samai-ronaldo

Belgia kembali menunjukkan diri sebagai tim yang patut diperhitungkan di Piala Dunia 2018 berkat kemenangan besar 5-2 atas Tunisia dalam partai lanjutan Grup G di Spartak Stadium, Moskow pada Sabtu (23/6) malam Wita.

MOSKOW, NusaBali
Laga hujan gol ini tercipta berkat andil Eden Hazard dan Romelu Lukaku, yang masing-masing memborong dua gol. Satu gol Belgia lain dicetak oleh Michy Batshuayi. Adapun dua gol timnas Tunisia dikemas Dylan Bronn dan Wahbi Khazri.  Hasil ini membuat Belgia sementara memimpin klasemen Grup G dengan dua kemenangan. Belgia pada dasarnya sudah di ambang kelolosan walaupun belum benar-benar lolos. Sedangkan Tunisia dipastikan angkat koper.

Pertandingan langsung dimulai dengan cepat oleh Belgia. Pada menit kedua, Belgia langsung membuat peluang. Romelu Lukaku berhasil mendapat umpan panjang dan dengan sprintnya dia mampu mengalahkan pemain Tunisia. Tapi, antisipasi kiper Ben Mustapha masih lebih cepat.

Gol bagi Belgia langsung terjadi empat menit kemudian. Berawal dari tekel keras Syam Ben Youssef kepada Eden Hazard, wasit menunjuk titik putih. Sempat ada review dari VAR karena tekel terjadi sekitar garis kotak, tapi akhirnya diputuskan penalti. Hazard dengan sangat dingin berhasil mengeksekusi bola ke sisi kanan Mustapha dan membuat Belgia berhasil unggul 1-0 dengan cepat.

Belgia mendapat momentum dengan cepat dan terlihat lebih efektif dalam menyerang. Pada menit ke-12, Hazard nyaris membuat brace. Memanfaatkan umpan silang datar Romelu Lukaku, tembakan Hazard masih terlalu lemah.

Hingga pada menit ke-16, Belgia sudah mampu membuat gol keduanya. Hazard kembali berperan. Melalui umpan terobosan memanfaatkan kesalahan Ali Maaloul, Lukaku mendapatkan ruang dan dengan tenang menendang bola ke pojok kiri gawang Mustapha. Belgia unggul 2-0.

Namun, Tunisia tak mau pasrah begitu saja. Mereka langsung bisa mencetak gol balasan dua menit kemudian. Berawal dari umpan tendangan bebas Wahbi Khazri, Dylan Bronn mampu membuat gol dari tandukan akurat. Nasib buruk menimpa Bronn. Beberapa menit setelah membuat gol, ia harus ditarik keluar lapangan karena menerima tekel keras. Ia digantikan oleh Hamdi Naguez.

Laga semakin panas dan menarik. Kedua tim saling jual beli serangan. Pada menit ke-20, Yannick Carrasco membuat kesempatan emas. Tapi, tendangan kerasnya masih bisa ditepis Mustapha. Seperti dilansir detikcom, masalah utama Tunisia adalah ketegangan sektor belakang mereka. Cukup sering terjadi sentuhan tak sempurna hingga umpan gagal yang berhasil dicuri dan berujung kesempatan Belgia.

Jelang babak pertama berakhir tepatnya pada menit ke-48, Belgia berhasil mencetak gol ketiga. Lewat aksi menawan Thomas Meunier, sang pemain memberi assist cantik yang diakhiri brace oleh Lukaku melalui cungkilan indah. Babak pertama berakhir 3-1.

Tidak efektifnya Tunisia harus dibayar mahal karena pada menit ke-51, Belgia berhasil membuat gol keempatnya. Berawal dari assist cantik Kevin De Bruyne, Hazard mendapat ruang, mengelabui bek serta kiper lawan, dan mencetak gol keduanya. Belgia unggul 4-1.

Kesempatan emas kembali didapat Belgia pada menit ke-79. Tembakan Carrasco berhasil ditahan Mustapha. Tapi, bola lepas mengarah ke Batshuayi yang persis ada di depannya. Alih-alih membuat gol, tendangannya malah mengenai mistar gawang dan memantul kembali ke luar.

Satu menit kemudian, pemain Chelsea yang dipinjamkan ke Borussia Dortmund itu kembali gagal membuat gol. Memanfaatkan umpan cantik De Bruyne, sang pemain melepas sepakan voli keras yang kali ini ditepis sempurna oleh Mustapha.

Upaya Batshuayi akhirnya berbuah pada menit ke-90. Berawal dari umpan tarik akurat Youri Tielemans, Batshuayi membuat tembakan sambil sliding yang akhirnya masuk ke gawang Tunisia. Gol hiburan terjadi untuk Tunisia pada menit terakhir. Adalah kapten Khazri yang mencetak gol memanfaatkan umpan tarik akurat Hamdi Naguez. Pertandingan berakhir dengan skor 5-2.

Romelu Lukaku jadi bintang kemenangan Belgia pada laga pertama di Piala Dunia 2018. Pemain Manchester United itu melesakkan dua gol pada kemenangan 3-0 Belgia atas Panama.  Dengan torehan dua gol tersebut, ditambah dua gol saat melawan Tunisia pada Sabtu malam, catatan rekor gol Lukaku kini menyamai gol Cristiano Ronaldo. Lukaku dan Ronaldo sama–sama mencatat empat gol.

Empat gol Ronaldo tercipta saat Portugal melawan Maroko yang berakhir dengan skor 1 – 0. Satu-satunya gol Portugal disumbang oleh Ronaldo. Gol lainnya disumbang oleh pemain Real Madrid itu saat Portugal melawan Spanyol, yang berakhir dengan skor imbang 3 – 3. Tiga gol Portugal ditorehkan oleh Ronaldo. *

Komentar