nusabali

Siswa SMPN 2 Amlapura Lolos OSN

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-2-amlapura-lolos-osn

Satu-satunya siswa SMP dari Karangasem, hanya siswa kelas VIII/2 SMPN 2 Amlapura atas nama  Komang Adi Tri Indranata, lolos di mata pelajaran IPS ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Padang, Sumatera Barat, 1-7 Juli.

AMLAPURA, NusaBali
Targetnya juara OSN, itulah sebabnya sebelum berangkat, mengintensifkan pembinaan. Dihubungi NusaBali di sela-sela melakukan pembinaan mengungkapkan hal itu di Kantor Disdikpora Karangasem, Lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Minggu (24/6).

Di bawah pembina I Ketut Sarjana guru SMPN 1 Manggis dan I Dewa Gede Pranata guru SMPN 2 Amlapura, terus melakukan evaluasi guna meningkatkan kemampuan menuju puncak lomba.

Komang Adi Tri Indranata itu lolos dari Bali bersama tiga rekannya. Dua rekannya yang lolos melalui passing grade atas nama: I Gusti Ayu Putu Dian Lentari dari SMPN 1 Sukawati Gianyar, dan Tarrania Nurfasyah dari SMPN 1 Tabanan. Dua lainnya yang lolos sebagai perwakilan provinsi: Dimas Dafa Fahrudin dari SMP Bintang Mandiri Badung dan Komang Adi Tri Indranata dari SMPN 2 Amlapura

Selama menjalani pembinaan, dengan memperluas wawasan, mengevaluasi hasil OSN Tingkat Provinsi Bali sebelumnya, dan memperkaya menjawab soal-soal. "Saya berusaha mempersiapkan diri seoptimal mungkin, untuk menghadapi pesaing se-Indonesia yang lolos 132 siswa," kata Komang Adi Tri Indranata.

Walau di babak penyisihan tingkat nasional masuk peringkat ke-60, hal itu tidak mengecilkan semangatnya untuk memperbaiki prestasi di OSN nanti. Justru termotivasi untuk meningkatkan prestasi lebih baik.

Rencananya Komang Adi berangkat ke Padang, Sumatera Barat, Sabtu (30/6), bersama siswa lainnya dari Bali. Sebelumnya berprestasi sebagai juara OSN IPS Tingkat Kabupaten Karangasem 2018, juara gelar berprestasi MAN Amlapura 2018, juara III Porjar Cabang Bulutangkis 2016, sedangkan di kelas selalu juara II. "Saya menyadari persaingan sangat berat di tingkat nasional, tidak ada salahnya tetap berusaha," jelas Ketua kelas VIII/2, putra bungsu dari tiga bersaudara dari keluarga Made Sukarelawan dan Ni Ketut Wardani.

Pembina I Ketut Sarjana mengakui, kemampuan Komang Adi tersebut mengalami peningkatan selama mengikuti pembinaan. "Kami berharap pulang membawa prestasi nasional, seperti yang pernah dilakukan Ni Putu Anggi Dina Ayuning, siswi kelas IX/a SMP Negeri 1 Manggis, menyabet medali perak mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Nasional di Pekanbaru 2017," kata Sarjana. Sebab, prestasi didapatkan tergantung persiapan terakhir, di samping kesiapan mental siswa. *k16

Komentar