nusabali

Jalur Tegenungan-Sukawati Putus

  • www.nusabali.com-jalur-tegenungan-sukawati-putus

Jalan tembus dari Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh - Banjar Dlodpangkung, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Gianyar, putus total.

GIANYAR, NusaBali
Penyebabnya, bagian timur jalan ini terus longsor sejak beberapa bulan lalu. Sebelumnya jalan ini bisa dilalui kendaraan roda empat. Karena longsor, jalan jadi menyempit hingga hanya bisa dilalui sepeda motor. Kini jalan makin mengecil dan putus. Sebagai tanda peringatan jalan putus, dari arah Banjar Dlodpangkung, sejumlah drum besar dijejerkan oleh warga, lengkap dengan bambu melintang.

Dari arah sekitar Banjar Tegenungan, plang peringatan berbentuk segitiga juga dipasang. Meski demikian, pengguna jalan yang masih penasaran tetap berusaha masuk. Namun sampai di jembatan Tegenungan, mereka pun harus berbalik arah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gianyar Ir Nyoman Nuadi mengakui untuk tahun 2018, jalan itu belum bisa mendapat penanganan. “Untuk perbaikan di anggaran induk tahun ini belum bisa, karena tidak masuk dalam anggaran,” ujar Nuadi.

Selanjutnya, jika menunggu anggaran dari ABPD Perubahan, kata Nuadi tidak memungkinkan. “Kalau pakai anggaran perubahan, waktu tidak cukup. Perubahan itu waktunya singkat,” ujar Nuadi. Dana yang diperlukan, berdasarkan hasil kajian PU, sekitar Rp 4 - 5 miliar. “Karena jalan itu terjal. Itu sampai ke bawah harus dikerjakan,” jelasnya. Kelian Tegenungan Gusti Raka berharap perbaikan terhadap jalan itu bisa cepat dilakukan. Mengingat akses jalan itu juga untuk pariwisata. Termasuk untuk keperluan masyarakat lainnya. “Untuk ke Tegenungan harus dari Batuan (Kecamatan Sukawati) atau dari Desa/Kecamatan Blahbatuh,” ujarnya.*nvi

Komentar