nusabali

Api di Tungku Tak Padam Total, 2 Motor Hangus

  • www.nusabali.com-api-di-tungku-tak-padam-total-2-motor-hangus

Kebakaran hanguskan gudang milik I Made Wirata, 51, di Banjar Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan/Kabupaten Tabanan pada Sabtu (23/6) malam.

TABANAN, NusaBali
Akibatnya, dua unit sepeda motor hangus. Penyebab kebakaran diduga karena api di tungku tidak dipadamkan total, karena di gudang tersebut korban biasa memasak membuat bahan dagangan. Informasi yang dihimpun kebakaran terjadi sekitar pukul 19.15 Wita. Saat itu rumah dalam keadaan sepi karena korban Wirata sedang melatih silat. Sedangkan istri korban Ni Nengah Suweca sedang mengantarkan menantunya periksa kehamilan di klinik.

Ketika itu tetangga korban I Kadek Agus Jaya Wardita yang berada di kios, sekitar 50 meter dari TKP, mendengar suara ledakan seperti orang menyalakan petasan. Setelah dilihat ternyata api sudah membubung tinggi. Dia pun berlari ke TKP namun rumah dalam keadaan kosong.

Saksi pun berteriak-teriak minta tolong kepada warga. Suasana saat itu dalam keadaan panik, sebelum mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi warga secara beramai-ramai membantu memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Namun karena api cukup besar, gudang ukuran 3 meter x 2,5 meter merupakan bangunan terbuka tanpa tembok, hangus dilalap si jago merah. Karena gudang tersebut juga digunakan memarkir kendaraan — tempat modif kendaraan tua serta digunakan untuk memasak dagangan, maka dua unit sepeda motor jenis Vespa dan Honda 70, hangus. Terlebih di dalam gudang tersebut juga banyak terdapat kayu bakar dan serabut kelapa serta bensin dan berbagai jenis cat.

Kapolsek Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja ketika dikonfirmasi mengatakan kebakaran diduga karena api di tungku yang sebelumnya sempat digunakan memasak oleh istri korban, belum mati sepenuhnya. Dan sudah ditinggal pergi memeriksakan kandungan menantu. “Jadi penyebab kebakaran dari diduga dari api di tungku yang belum sepenuhnya padam, masih ada bara api. Lalu bara api tertiup angin menyambar serabut kelapa, menyambar bensin sehingga melalap gudang tersebut,” ungkap Kompol Surya Atmaja, Minggu (24/6).

Akibat kejadian itu memang tidak ada korban jiwa, hanya saja dua unit sepeda motor Vespa dan Honda 70 ditambah satu unit kompresor hangus. Total kerugian sekitar Rp 30 juta. “Tidak ada korban jiwa, dua unit pemadam kebakaran membantu memadamkan api yang sudah melalap gudang,” tegasnya. Wirata yang tidak tahu persis kejadiannya karena sedang melatih silat, sudah menerima kejadian tersebut sebagai musibah. “Korban enggan untuk membuat laporan,” tandas Kompol Surya Atmaja. *d

Komentar