nusabali

‘Perang’ Survei di Pilkada Karangasem

  • www.nusabali.com-perang-survei-di-pilkada-karangasem

PDIP mengumumkan hasil survei sementara Pilkada Karangasem di Denpasar, Senin (19/10). PDIP yang menggandeng lembaga survei Charta Politika mengumumkan hasil survei yang dilakukan pada 17 September 2015 lalu.

Hasil Survei Charta Politika, Sudirta Cabup Paling Unggul 

DENPASAR, NusaBali
Hasilnya, kandidat yang diusung PDIP, yakni I Wayan Sudirta ungguli kandidat Cabup lainnya. Tak mau kalah, koalisi pengusung Cabup-Cawabup lainnya juga menyatakan telah lakukan survei yang hasilnya juga mengunggulkan calon mereka. 

Dalam pemaparan hasil survei, kemarin tampak hadir Ketua Tim Pemenangan paket Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati (SMS), I Wayan Sutena, Ketua relawan SMS Putu Wiratha Dwikora, Direktur Charta Politica Yunarto Wijaya dan Cabup PDIP di Pilkada Karangasem I Wayan Sudirta. 

Survei yang dilakukan Charta Politika merupakan survei preferensi politik masyarakat di pilkada langsung Bupati/Wakil Bupati Karangasem 2015-2010. Survei dilaksanakan dengan sampel dipilih secara acak (probability sampling) dengan menggunakan penarikan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling). Memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah penduduk. Jumlah sampel 400 responden, margin of error kurang lebih 4,9 persen persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Unit sampling primer survei adalah desa kelurahan, di mana sampel diambil 10 orang di 40 desa dan kelurahan di Karangasem.

Menurut Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam jumpa pers kemarin, tujuan survei mengkaji dan menganalisa Cabup-Cawabup Karangasem. Pria yang juga Sekjen Persepi (Perhimpunan Survei dan Opini Publik membawahi 37 lembaga survei) ini, survei di Karangasem pertama kali sudah dilakukan PDIP. Kemudian survei kedua dilakukan langsung oleh Sudirta. 

Dari hasil dua survei ini hasilnya sama, I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati memiliki tingkat keterpilihan paling tinggi di antara dua pesaingnya, yakni I Gusti Ayu Mas Sumatri-Artha Dipa yang diusung Partai NasDem, PKPI, Hanura, Demokrat dan I Made Sukarena-I Komang Kisid yang diusung Golkar dan Gerindra.

Pria yang akrab disapa Toto ini menambahkan survei di Karangasem dilaksanakan pada 10-17 September 2015 lalu. Hasilnya selesai pada 3 Oktober 2015. Hasil wawancara terhadap masyarakat mengenai tingkat popularitas calon menunjukkan I Wayan Sudirta sebesar 86,5 %, Made Sukarena 74 %, Gusti Ayu mas 72,5 %, Ni Made Sumiati 70 %, Wayan Artadipa 64,5 %, dan Komang Kisid 61,0 %. Kemudian calon yang paling dikenal menunjukan hasil I Wayan Sudirta 45,3 %, Mas Sumatri 21,5 %, Sukarena 16 %, Sumiati 3,3 %, Artadipa 1 %, Kisid 0,8.

Selanjutnya...

Komentar