nusabali

Penumpang Masuk Bali Masih Ramai

  • www.nusabali.com-penumpang-masuk-bali-masih-ramai

Meski puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 2018 telah berlalu pada H+8, Minggu (24/6), namun arus penumpang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk masih ramai pada Senin (25/6).

NEGARA, NusaBali

Kepadatan arus penumpang masuk Bali ini, di antaranya merupakan pemudik asal Jawa  yang kembali merantau ke tempat kerjanya. Pada Senin kemarin, Posko Angkutan Lebaran ASDP Pelabuhan Ketapang–Gilimanuk serta Operasi Ketupat Agung 2018 juga sudah berakhir. Sejumlah pos pantau ataupun pos pengamanan di seputaran Kelurahan Gilimanuk mulai dibongkar. Begitu juga ratusan personel kepolisian yang terlibat dalam Operasi Ketupat Agung, sudah mulai ditarik untuk pengamanan Pilgub Bali. Pos pemeriksaan kendaraan, barang, dan orang masuk Bali yang sempat disatukan di Pos KTP Gilimanuk, dikembalikan ke Pos II Pelabuhan Gilimanuk.

Kabag Ops Polres Jembrana Kompol M Didik Wiratmoko, Senin kemarin, mengatakan meski Operasi Ketupat Agung 2018 telah berakhir, namun anggota yang melaksanakan pengamanan di pintu masuk Bali, khususnya Pelabuhan Gilimanuk masih tetap siaga. Untuk memaksimalkan pemeriksaan arus masuk maupun keluar lewat Pelabuhan Gilimanuk, tetap dijaga jajaran Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, serta dikerahkan sejumlah anggota perwira.

“Pemeriksaan tetap dimaksimalkan. Pengamanan di jalur Denpasar – Gilimanuk juga tetap dilaksanakan melalui masing-masing Polres dan Polsek untuk menunjang kelancaran lalu lintas,” ujarnya.

Sementara General Manager ASDP Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk Elvi Yoza, Senin kemarin, mengatakan penumpang yang menyeberang ke Bali dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gilimanuk, terpantau masih cukup ramai. Namun dari sisi jumlah, sudah berkurang dibanding penumpang masuk Bali saat puncak arus balik pada H+8 Lebaran, Minggu (24/6). “Memang masih ramai, tetapi tidak seramai kemarin (Minggu, 24/6). Keramaian ini kami perkirakan masih terjadi hingga beberapa hari ke depan, karena sesuai pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak yang balik setelah Lebaran Ketupat,” kata Elvi.

Saat puncak balik pada H+8 lebaran, Minggu (24/6) pukul 08.00 Wita hingga Senin (25/8) pukul 08.00 Wita, tercatat sebanyak 58.662 orang penumpang dengan 11.894 unit kendaraan roda dua dan 6.510 unit kendaraan roda empat menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Jumlah penumpang saat puncak balik pada H+8 lebaran itu, juga melebihi jumlah penumpang masuk Bali saat puncak arus balik lebaran tahun 2017 yang terjadi pada H+6. Puncak arus balik pada H+6 Lebaran 2017 lalu, tercatat jumlah penumpang masuk Bali adalah sebanyak 54.841 orang dengan 11.152 unit kendaraan roda dua dan 5.731 unit kendaraan roda empat. *ode

Komentar