nusabali

1.000 Soal Didrop dari KPU RI

  • www.nusabali.com-1000-soal-didrop-dari-kpu-ri

Dari 1.000 soal yang disiapkan melalui Bank Soal tersebut akan diberikan kepada peserta sebanyak 120 soal secara acak untuk dikerjakan.

Calon Komisioner KPU Bali akan Ikuti Computer Assisted Test


DENPASAR, NusaBali
Seleksi Calon Komisioner KPU Bali periode 2018-2023 yang dimulai dengan tahapan Computer Assisted Test (CAT), Jumat (29/6) mendatang bakal memeras otak kandidat. Kandidat akan mengerjakan soal CAT  yang langsung dibawa dari KPU RI. Ada 1.000 soal disiapkan melalui Bank Soal untuk digarap dengan waktu setengah hari oleh kandidat. Timsel menjamin CAT Calon Komisioner KPU Bali ini transparan.

Ketua Timsel Calon Komisioner KPU Bali, Luh Riniti Rahayu di Denpasar, Senin (25/6) mengatakan CAT yang akan melibatkan 34 kandidat dilaksanakan di Kampus STIKOM Bali. Sebelum seleksi perdana dilaksanakan dengan sistem CAT ini lokasi kegiatan akan disterilkan dulu. "Kami akan tunjukkan bahwa kita tidak main-main, semuanya transparan. Ada 34 orang yang telah mendaftar. Tidak datang pada CAT maka dinyatakan gugur. Mudah-mudahan semuanya bisa ikut seleksi," ujar Riniti.

Soal teknis pelaksanaan, soal-soal CAT dibawakan dari KPU RI berupa Bank Soal yang jumlahnya 1.000 soal. Kerahasiaan soal dijamin, karena Timsel tidak menyentuh sedikitpun dan tidak mengetahui soal yang datang dari pusat. "Gimana bisa bocor?  Sistemnya juga sistem komputer. Nggak kayak jaman dulu, masih manual," beber Riniti.

Dari 1.000 soal yang disiapkan melalui Bank Soal tersebut akan diberikan kepada peserta sebanyak 120 soal untuk dikerjakan. Dari 120 soal yang diambil secara acak untuk dikerjakan oleh setiap peserta merupakan pilihan berganda. Setiap peserta tidak mendapatkan soal yang sama. "Peserta kerjakan soal sebanyak 120 soal yang diambil acak. Hasilnya sudah bisa langsung diketahui saat ujian. Timsel akan mengumumkan hari itu juga rankingnya," ujar Riniti.

Selain soalnya yang diacak dengan sistem komputer, menurut Riniti, sehari sebelumnya ruangan akan dijaga ketat. Sehingga tidak ada kesan rekayasa apapun. Soal sudah dimasukkan dalam server sehari sebelumnya.  "TImsel sudah siapkan proses itu, ruangan seleksi dijaga sehari sebelumnya. Soal-soal sudah disiapkan pengawalan. Sehingga ini benar-benar seleksi ketat. Begitu usai CAT para peserta seleksi diharapkan mencatat hasil tes mereka. Karena saat itu juga akan keluar hasilnya. Jadi para kandidat mengandalkan kemampuannya untuk lolos CAT," tegas akademisi Universitas Ngurah Rai Denpasar ini.

Mantan Komisioner KPU Bali 2008-2013 ini menyebutkan proses pengambilan tanda peserta sudah berjalan sejak, Jumat (22/6) lalu. Hari ini Timsel akan melaksanakan rapat untuk tes kesehatan. "Kami gerakan secara maraton. Setelah CAT akan langsung tes kesehatan. Setelah itu langsung berlanjut lagi dengan tes wawancara," tegas Ketua LSM Bali Sruti yang sudah empat kali menjadi Timsel kepemiluan. *nat

Komentar