nusabali

Rupiah Terus Melemah

  • www.nusabali.com-rupiah-terus-melemah

Nilai tukar rupiah terus melemah, sejak usai libur Hari Raya Idul Fitri.

JAKARTA, NusaBali
Dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Selasa menurun enam poin menjadi Rp14.165 per dolar AS dari Rp14.159 per dolar AS. Hal itu  respons negatif pelaku pasar terhadap peningkatan defisit neraca perdagangan Indonesia.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, sentimen dari dalam negeri dari rilis neraca perdagangan Mei yang mencatatkan defisit lebih besar dari bulan sebelumnya, yang mencapai 1,52 miliar dolar AS. Hal itu memicu depresiasi rupiah atau penurunan rupiah.

Apresiasi euro terhadap dolar AS diharapkan terus bertahan dan bisa membantu rupiah bertahan di zona hijau. Hari ini rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran support Rp14.158 per dolar AS dan resisten Rp14.146 per dolar AS.

Pada Senin pagi nilai tukar rupiah melemah 27 poin menjadi Rp14.113 per dolar AS dari Rp14.086 per dolar AS. Sedangkan sejak pembukaan perdagangan Rabu (20/6) dan Kamis (21/6), usai libur panjang pasar untuk perayaan Idul Fitri, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS cenderung menurun. Namun sempat naik tipis Rp14.100 per dolar AS dari Rp14.102 per dolar AS pada Jumat pagi. *ant

Komentar