nusabali

Koster-Ace Kuasai Tabanan

  • www.nusabali.com-koster-ace-kuasai-tabanan

 BUPATI Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan Ketua DPRD Tabanan, N Adi Wiryatama bersama keluarga saat nyoblos di TPS VII Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rabu (27/6).

Di TPS Bupati Tabanan dan Ketua DPRD Bali Dominan

TABANAN, NusaBali
Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara Pilgub Bali 2018 di Kabupaten Tabanan yang dihitung dari masing-masing kecamatan, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) nomor urut 1 Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) unggul atas pasangan Cagub Cawagub nomor urut 2 Ketut Sudikerta-IB Rai Dharmawijaya Mantra (Mantra-Kerta).

Hingga tadi malam data sementara Koster-Ace raih 192.430 dan Mantra-Kerta raih 89.150 suara. Kemenangan Koster-Ace juga terpantau pada TPS pejabat elite di Tabanan. Di antaranya TPS Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama.

Mereka secara bersama-sama nyoblos di TPS VII Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti Tabanan. Adi Wiryatama didampingi sang istri, ibu dan keluarganya datang ke TPS pukul 10.00 Wita. Di TPS VII Koster-Ace unggul telak dengan perolehan suara 445, sedangkan Mantra-Kerta hanya raih 6 suara dari jumlah DPT 550 dengan suara tidak sah 6 suara.

Tak hanya itu Koster-Ace juga unggul telak di TPS 5 Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, tempat Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya mencoblos. Koster-Ace mendapatkan suara 399 dan Mantra-Kerta hanya 10 suara dengan jumlah DPT 436, sedangkan suara tidak sah 15 suara.

Di TPS 004 Bajera tempat nyoblosnya Ketua DPRD Tabanan I Ketut ‘Boping’ Suryadi pasangan Koster-Ace juga unggul dari Mantra-Kerta. Koster-Ace peroleh suara 289 sementara Mantra-Kerta 63 suara dari DPT 476 pemilih dengan suara tidak sah 3 suara.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan siapapun yang menang harapannya agar menjaga Bali sekala niskala sehingga Bali tetap ajeg dan bisa diwariskan ke anak cucu nanti. "Harapanya yang terbaik untuk Bali lah," jelasnya.

Ketua KPU Tabanan, Luh Darayoni menerangkan dari hasil monitoring bersama dengan Komisioner KPU Tabanan lainnya secara umum pelaksanaan pencoblosan Pilgub Bali di Tabanan berjalan aman dan lancar. Sejauh ini belum ada laporan pelanggaran. "Astungkara berjalan lancar sampai saat ini," tegasnya.

Sementara di kubu berbeda, Ketua Tim Pemenangan Mantra-Kerta Kabupaten Tabanan, I Ketut Arya Budi Giri alami kekalahan di TPS tempatnya nyoblos, yakni TPS 2 Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan.

Berdasarkan data yang diperoleh, suara Mantra-Kerta hanya 189, sedangkan Koster-Ace unggul 322 suara. Tak hanya di sana, di TPS 1, 3, 4 dan TPS 5 Desa Antap, Mantra-Kerta Keok. Di TPS 1 Mantra-Kerta hanya 160, sementara Koster - Ace 370 suara.

Di TPS 3 Koster-Ace unggul 363 suara, Mantra-Kerta 69 suara. Sementara di TPS 4 kembali lagi Koster-Ace 236 dan Mantra-Kerta 116 suara. Pun di TPS 5 Mantra- Kerta kalah hanya dapat 42 suara, sedangkan Koster-Ace 133 suara.

Saat dihubungi via telepon, Ketut Arya Budi Giri mengaku kekalahan di TPS tempat ia nyoblos. Namun ia berdalih itu baru berdasarkan hasil quick count, data riilnya belum ada. "Itu kan baru hasil quick count, riilnya kan belum," jelasnya singkat.

Sementara itu Ketua Pemenangan Koster-Ace, I Komang Gede Sanjaya mengajak masyarakat semua masyarakat bersyukur. "Saya selaku ketua salut dan banyak ucapkan terimakasih, kepada semua pihak," ujarnya. *d

Komentar