nusabali

78 Napi LP Tabanan Nyoblos Pilgub

  • www.nusabali.com-78-napi-lp-tabanan-nyoblos-pilgub

Puluhan warga binaan Lapas Kelas II B Tabanan ikut menyuarakan hak pilih pada Pilgub Bali 2018, Rabu (27/6).

TABANAN, NusaBali
Walau berada di balik jeruji besi mereka nyoblos dengan antusias. Sebanyak 78 orang narapidana yang tergabung dalam TPS Khusus, yakni TPS 15 Dajan Peken, Tabanan memilih dengan lancar.

Kalapas Kelas II Tabanan, I Putu Murdiana menjelaskan, persiapan dilakukan sekitar pukul 07.00 Wita dengan Ketua KPPS TPS 15 I Made Rusdiawan. Pemberian suara dalam Pilgub Bali ini merupakan hak konstitusi bagi warga binaan. "Seluruh warga binaan antusias memilih tadi," jelasnya.

Kata dia, hak diberikan sepanjang tidak dicabut oleh keputusan hakim dalam amar putusan pidana. Bahkan pelayanan hak ini wajib dilaksanakan karena tidak satupun warga binaan lapas Tabanan dicabut hak politik terutama pemberian suara dalam pemilu. "Sebelum pemilihan ini, kami terus koordinasi dengan KPU Tabanan, Disdukcapil dalam upaya perekaman data kependudukan serta penetapan DPT," beber Murdiana.

Adapun jumlah DPT untuk warga binaan sebanyak 63 orang, dengan pindahan dari TPS lain 13 orang dan dengan KTP Elektronik 2 orang sehingga total 78 orang. Ada 7 orang tidak lakukan hak pilih karena data kependudukanya belum lengkap. *d

Komentar