nusabali

Munduktemu Miliki Mobil Siaga Desa

  • www.nusabali.com-munduktemu-miliki-mobil-siaga-desa

Sebagai desa yang jaraknya jauh dengan kota, dan menjadi daerah rawan bencana, Desa Munduktemu, Kecamatan Pupuan, Tabanan, kini miliki satu unit kendaraan siaga desa.

Siap Bantu Kegawatdaruratan Masyarakat


TABANAN, NusaBali
Anggaran pengadaan kendaraan desa beserta pirantinya melaluli dana APBDes 2018 yakni Rp 203 juta.Perbekel Desa Munduktemu I Nyoman Wintara mengatakan, pengadaan kendaraan Siaga Desa ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang sakit menuju Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas terdekat dengan Desa Munduktemu yang jaraknya sekitar 12 kilometer. "Desa Munduktemu memang agak terpecil, jadi ini untuk mempermudah," jelasnya.

Dikatakan, pengadaan kendaraan yang dibeli jenis APV tipe SGX dari anggaran dana APBDes 2018 sebesar Rp 203 juta. "Harga mobil Rp 197 juta, ditambah aksesoris seperti branding stiker dan sirine sekitar Rp 6 juta, sehingga totalnya Rp 203 juta. Dianggarkan Rp 251 juta, sehingga ada penghematan Rp 48 juta," beber Wintara.

Dia berharap dengan adanya kendaraan darurat ini bisa membantu meringankan masyarakat termasuk banjar yang rawan longsor. "Dan ini juga dapat membantu kegiatan Jagabaya Desa Munduktemu yang merupakan relawan penanggulangan bencana di Desa Munduktemu," imbuhnya.

Dia menambahkan, di Desa Munduktemu ada Puskesmas pembantu. Hanya saja tenaga medisnya kurang. Seperti bidan desa ada hanya seorang. Untuk pelayanan rawat inap hanya ada di Puskesmas Induk. "Kami berharap di Puskemas pembantu ditambah lagi petugas medis supaya tidak hanya satu orang," tandasnya. *d

Komentar