nusabali

Bhakti Penganyaran di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung

  • www.nusabali.com-bhakti-penganyaran-di-pura-lingga-bhuwana-puspem-badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama seluruh pegawai Pemkab Badung melaksanakan bhakti penganyaran di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Jumat (29/6).

MANGUPURA, NusaBali
Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut turut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan, Ida Bagus Anom Bhasma, para pemedek dan pegawai dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Badung.

Upacara penganyaran ini serangkaian Karya Padudusan Agung, Menawa Ratna, Medasar Tawur Balik Sumpah Madya di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, yang puncaknya pada purnama kasa yang lalu. Bakti penganyaran untuk menghaturkan upakara yang baru, dengan tingkat upakara adalah bebangkit.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan, kemarin, dilaksanakan rangkaian Upacara Penganyaran, sebelumnya sudah dilaksanakan Puncak karya Padudusan Agung, Menawa Ratna, Medasar Tawur Balik Sumpah Madya di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung. “Penganyaran ini kita tugaskan kepada masing-masing organisasi perangkat daerah untuk ikut terlibat sebagai wujud bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Sekaligus menjalankan swadarma dalam mengajegkan adat, agama, serta budaya. Selain itu sebagai wujud kebersamaan, dan kekeluargaan,” ujarnya.

“Bagaimana kita mewujudkan semua pegawai kita Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN itu sendiri, untuk senantiasa meningkatkan sradha bhaktinya, untuk mendoakan alam semesta, dan segala isinya agar selalu dalam lindungan ida sang hyang whidi wasa. Terlebih kita mendapat cobaan adanya erupsi Gunung Agung, dan semua berdoa agar cobaan ini berhenti dan berakhir, agar ini tidak jauh lebih keras lebih fatal terjadi dan kita doakan semoga umat manusia yang ada dilindungi,” terangnya. “Kita juga memohon agar selalu diberikan tuntunan yang baik dan benar, dan bisa melaksanakan tugas dengan baik dan benar khususnya di pemerintah Kabupaten Badung,” lanjut Wabup Suiasa.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Ida Bagus Anom Bhasma menyampaikan, nyejer dilaksanakan selama 3 hari dan nyineb Minggu 1 Juli 2018. Diakui piodalan di Pura Lingga Bhuwana ini, dilaksanakan setiap satu tahun sekali bertepatan dengan purnama kasa. Karya kali ini merupakan karya dengan tingkatan yang lebih tinggi, karena tepat tahun ini putarannya sudah 10 tahun dan wajib kita laksanakan karya yang besar ini. “Penganyaran hari ini dipuput, Ida Pedanda Gede Putra Manuaba. Dan rangkaian karya ini dipuput 15 Sulinggih serta 10 sanggar yang ada di Kabupaten Badung,” tambahnya. *asa

Komentar