nusabali

Penyu Sulit Bertelur di Tegal Besar

  • www.nusabali.com-penyu-sulit-bertelur-di-tegal-besar

Abrasi di pesisir pantai di Klungkung kian memprihatinkan hingga secara perlahan pesisir makin habis.

SEMARAPURA, NusaBali
Seperti terpantau di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (2/7), akibat pesisir pantai yang menipis mengakibatkan penyu setempat sulit bertelor. Padahal warga di sekitar Pantai Tegal Besar selama ini terkenal sangat aktif dalam menjaga kelestarian penyu dengan wadah sebuah tempat penangkaran telur penyu. “Sejak setahun lalu tidak ada telur penyu di tempat penangkaran ini, karena penyu sulit bertelur,” ujar warga Dusun Tegal Besar, Made Diarsa kepada NusaBali.

Disebutkan antusias masyarakat setempat dalam melestarikan penyu di Tegal Besar memang sangat tinggi. Hal itu terbukti ketika ada warga yang menemukan telur di pesisir pantai, yang bersangkutan akan langsung melapor ke pihak penangkaran. Kemudian ketika menetas, warga akan diundang bersama-sama untuk melepasnya.

Dengan abrasi ini penyu kini mencari tempat bertelur ke pantai yang ada pesisir, salah satunya Pantai Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan. Di sana juga sudah ada tempat penangkaran. Sebelumnya pada tahun 2015 lalu, setidaknya ada 6 - 7 ekor penyu datang ke Pantai Tegal Besar. Masing-masing penyu bertelur antara 90 - 110 ekor. *wan

loading...

Komentar