nusabali

Serangkaian HUT Koperasi, Ratusan Pengurus Koperasi Ikuti Diklat

  • www.nusabali.com-serangkaian-hut-koperasi-ratusan-pengurus-koperasi-ikuti-diklat

Serangkaian HUT Koperasi ke-71, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Bali bekerjasama dengan Dinas Koperindag Jembrana, menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) terpadu peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Usaha Kecil Menengah (UKM).

NEGARA, NusaBali
Diklat yang digelar selama 5 hari di Hotel Jimbarwana, Selasa (3/7) - Sabtu (7/7), diikuti 120 pengurus koperasi se Kabupaten Jembrana. Kegiatan diklat tersebut, Selasa kemarin, secara resmi dibuka Sekda Jembrana, I Made Sudiada, mewakili Bupati Jembrana I Putu Artha. Dalam diklat terpadu peningkatan Kapasitas SDM UKM itu, meliputi  kompetensi manajer Koperasi Simpan Pinjam/Usaha Simpan Pinjam (KSP/USP), penilaian kesehatan KSP/USP, dan peningkatan kemasan produk-produk UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Turut hadir dalam pembukaan diklat tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Bali, I Gede Indra Putra.

Dalam sambutan Bupati Artha yang dibacakan Sekda Jembrana, I Made Sudiada, meminta  agar seluruh gerakan koperasi untuk tetap memperhatikan jati diri koperasi, yakni dari, oleh dan untuk anggota. Selain itu, gerakan koperasi harus dapat memberikan ruang gerak yang lebih luas untuk kemandirian dan peningkatan daya saing koperasi. “Agar kelembagaan koperasi secara profesional tetap eksis di masyarakat, maka saya harapkan instansi terkait dan Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) untuk berperan aktif, dan inisiatif melakukan langkah-langkah pembinaan,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan diklat, Bupati Artha sangat mengharapkan tujuan pelaksanaan diklat benar-benar tercapai dengan baik. Bagaimana dengan peningkatan kualitas SDM, akan berdampak terhadap produktivitas pengelolaan koperasi. “Diklat ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi peserta diklat. Tidak hanya untuk diri sendiri peserta diklat, juga untuk kelembagan di masa yang akan datang, serta nantinya mampu memberikan pemahaman secara menyeluruh tentang perkoperasian bagi seluruh peserta,” tegasnya.

Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Putra mengaku, diklat yang dilaksankan di Jembrana ini,  dikaitkan pelaksanaan HUT Koperasi tahun ini. “Diklat terpadu ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas para pelaku koperasi agar memiliki daya saing, dan kinerjanya meningkatkan di masa mendatang. Sengaja dilaksanakan di Jembrana, sekaligus menyambut HUT Koperasi yang nanti akan dilaksanakan di jembrana,” ujarnya. *ode

Komentar