nusabali

Loloh Sembung Mengandung Anti Oksidan Dan Anti Bakteri

  • www.nusabali.com-loloh-sembung-mengandung-anti-oksidan-dan-anti-bakteri

Loloh sembung adalah obat tradisional  suku Bali. Keberadaan loloh sembung sebagai obat telah terbukti secara ilmiah.

Loloh sembung mengandung anti oksidan dan anti bakteri. Demikian dilaporkan oleh kalangan peneliti di Universitas Dhyana Pura. Tidak diragukan lagi obat "balian" seperti loloh sembung ini memang mempunyai khasiat obat yang dapat menyembuhkan penyakit.

Suku Bali menggunakan tenaga penyembuh yang disebut "balian". Di masa kini putera dan puteri Bali memasuki perguruan tinggi untuk mempelajari obat-obatan modern. Mereka telah menemukan bukti-bukti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan bahwa loloh sembung milik suku Bali mengandung apa yang disebut sebagai anti oksidan dan anti bakteri.

Pengobatan tradisional oleh "balian" sangat mistis sifatnya.  Dukun memanggil roh-roh leluhur untuk menyembuhkan pasien alias si sakit. Dukun atau "balian" tadi kemudian meminumkan loloh sembung sebagai obat. Tetapi Universitas Dhyana Pura  menggunakan tenaga-tenaga ilmiah untuk melakukan kajian tentang mengapa loloh sembung dapat menyembuhkan penyakit seperti apa yang dipercaya oleh para "balian" pada masyarakat tradisional suku Bali.

Tanaman sembung adalah contoh kekayaan hayati yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dengan ditemukannya kandungan anti oksidan dan anti bakteri pada daun sembung oleh para sarjana, tentu bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan. Tanaman sembung menjadi tanaman  yang langka. Tanaman sembung karena itu perlu dilestarikan agar tidak punah.



*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Komentar