nusabali

Wasit Dituding Bantu Inggris ke Perempatfinal

  • www.nusabali.com-wasit-dituding-bantu-inggris-ke-perempatfinal

Pelatih Kolombia Jose Pekerman merasa kekakalahan tim asuhannya dari Inggris di babak 16 Besar Piala Dunia 2018 karena campur tangan wasit.

MOSKOW, NusaBali
Tidak semestinya wasit dengan mudah menghukum Kolombia dengan memberikan tendangan penalti.
Pada pertandingan di Spartak Stadium, Moscow, Rabu (4/7) dinihari WITA, Inggris mencuri gol pertama lewat Hary Kane dari titik putih. Beruntung stopper Yerry Mina menyamakan kedudukan di injury time (menit ke 4) sebelum laga bubar)

Pekerman mengatakan seharusnya wasit Mark Geiger asal Amerika Serikat tak mudah memberikan penalti pada Inggris. Menurutnya, semua orang tahu Inggris lebih diuntungkan Geiger. Pekerman menilai, pemain Inggris mencoba mempengaruhi Geiger ketika Kane terjatuh setelah bergumul dengan Carlos Sanchez.  

Laga Kolombia vs Inggris berjalan panas. Sebanyak 36 pelanggaran terjadi, dengan Kolombia melakukan 23 di antaranya. Lalu 8 kartu kuning dikeluarkan wasit Geiger, yakni dua untuk pemain Inggris dan enam pemain Kolombia.

Sejumlah insiden pun terjadi salah satu di antaranya yang melibatkan Jordan Henderson dan Wilmar Barrios. Henderson jatuh tersungkur dan mengklaim telah disundul Barrios.

Pekerman tidak dapat menyembunyikan rasa kesalnya karena kelakuan pemain-pemain Inggris banyak melakukan diving. Mereka pura-pura jatuh dan meringis kesakitan. Menurutnya, ofisial pertandingan berikutnya harus lebih kejam pada Harry Kane dkk.

"Sangat tidak nyaman bermain seperti ini. Sesuatu sedang terjadi di sepakbola. Ada banyak kekeliruan. Bagaimana kalau para pemain jatuh karena dia berpura-pura jatuh atau benar-benar didorong pemain lawan atau mereka mencoba membuat wasit mengartukuning pemain lain?,"kata Pekerman.

Kekesalan juga disampaikan kapten tim Kolombia, Radamel Falcao, yang mengklaim kegagalan tersingkirnya timnya disebabkan wasit yang tidak adil. Falcao merasa wasit Geiger sudah bersikap tidak adil pada timnya. Dia juga mempertanyakan keputusan FIFA yang memilih wasit asal Amerika untuk memimpin laga Inggris.

"Wasit banyak mengganggu kami dalam permainan seimbang, dia selalu membuat keputusan menguntungkan Inggris. Situasi ini menyulitkan kami, dia tidak bertindak dengan kriteria sama untuk kedua tim,"kata pemain AS Monaco itu, *

Komentar