nusabali

Rapat Pleno, Terungkap Ada Kekeliruan Input Data

  • www.nusabali.com-rapat-pleno-terungkap-ada-kekeliruan-input-data

Pasangan Koster-Ace Menang Mutlak di Tabanan

TABANAN, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilgub Bali 2018 pada Kamis (5/7). Dalam rapat pleno yang berlangsung sekitar 3 jam, pasangan I Wayan Koster - Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) nomor urut 1 menang atas pasangan nomor urut 2 Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra - I Ketut Sudikerta (Mantra-Kertha).

Bahkan dalam rapat pleno tersebut terungkap adanya kekeliruan dalam input data DPT (Daftar Pemilih Tetap). Hanya saja tidak sampai mempengaruhi perolehan jumlah suara. Kekeliruan input data tersebut terjadi di empat kecamatan, yakni Kerambitan, Selemadeg Timur, Tabanan dan Selemadeg Barat dan sudah dilakukan revisi.

Ketua KPU Tabanan, Luh Darayoni mengakui, menyimak dari rapat pleno yang diselenggarakan terungkap adanya kekeliruan petugas memasukkan data DPT. Seperti data DPT dimasukkan ke data DPTb (Data Pemilih Tambahan). "Ini hanya salah input data sehingga jadi tertukar, tetapi tidak sampai mempengaruhi hasil perolehan suara," ungkapnya.

Kekeliuran input data dalam pesta demokrasi pada tanggal 27 Juni itu ada di Kecamatan Tabanan, Kerambitan, Selemadeg Barat, dan Selemadeg. Sehingga saat itu sudah di koreksi dan revisi. Tentu kedepanya ini harus menjadi catatan supaya lebih cermat dan telitu petugas terutama PPS, KPPS dan PPK Kabupaten Tabanan dalam bertugas. "Meskipun demikian rapat pleno berjalan lancar saksi dan panwas sudah menyetujui," beber Darayoni.

Ditambahkan Darayoni, terkait dengan perolehan suara, pasangan nomor urut 1 Koster - Ace menang di Tabanan dengan perolehan suara 199.384 atas lawannya pasangan nomor urut 2 Mantra-Kertha dengan perolehan suara 93. 246. "Hasil pleno ini langsung kita kirim ke KPU Provinsi hari ini juga," terangnya.

Ia mengakui, partisipasi masyarakat Tabanan dalam pilgub Bali masih tinggi sekitar 82 persen. "Kami sudah melampaui  dari targaet 80 persen partisipasi masyarakat. Sedangkan rata-rata nasional partisipasi masyarakatt 77 persen," ungkap Darayoni.

Adapun hasil perolehan suara dari 10 Kecamatan yang ada di kabupten Tabanan, Koster-Ace berhasil menang di semua kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Baturiti Koster-Ace unggul dan meraih suara 18.963, sedangkan Mantra-Kerta 12.114. Kecamatan Kediri Koster-Ace meraih kemenangan dengan perolehan suara 35.084 sedangkan Mantra-Kerta meraih 16.199.

Kecamatan Kerambitan, Koster-Ace juga meraih kemenangan dengan perolehan suara 17.970, Mantra-Kerta 10.027. Kecamatan Marga Koster-Ace meraih 23.490, Mantra-Kerta 6.740. Kecamatan Penebel Koster-Ace berhasil unggul dengan perolehan suara 19.416, Matra-Kerta 13.476.

Di Kecamatan Pupuan Koster-Ace juga meraup suara terbanyak 21.848, Mantra-Kerta hanya meraih suara 6.046. Di Kecamatan Selemadeg Koster- Ace berhasil meraih suara 12.122, Mantra-Kerta 2.711. Di Kecamatan Selemadeg Barat Koster-Ace juga unggul dengan memperoleh suara 9.545, Mantra-Kerta 4.862. Begitu juga di Kecamatan Selemadeg Timur Koster-Ace unggul dengan perolehan suara 11.696, Mantra-Kerta 4.841

Dan terakhir di kecamatan Tabanan Koster-Ace juga tidak terkejar dengan perolehan suara 29.250, Mantra – Kerta 16.230. *d

loading...

Komentar