nusabali

Lokasi Parkir di Bandara Terjadi Perubahan

  • www.nusabali.com-lokasi-parkir-di-bandara-terjadi-perubahan

Akibat adanya proyek pembangunan fasilitas Multi Level Car Parking (MLCP) atau gedung parkir bertingkat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Badung, tempat parkir kendaraan baik roda dua maupun empat terminal kedatangan domestik terjadi perubahan.

MANGUPURA, NusaBali
Perubahan lokasi parkir ini terjadi karena gedung parkir dengan daya tampung 1.015 kendaraan roda empat yang baru ini terletak pada lokasi parkir roda empat pada terminal domestik. Kepala Humas Bandara Ngurah Rai, Arie Ahsannurohim, Jumat (7/7) mengatakan, saat ini terdapat sekitar 200 slot parkir yang terdampak. Hal ini sudah diantisipasi dengan mendistribusikan slot parkir di sebelah utara area parkir terbuka kendaraan roda empat sejumlah 188 slot parkir. Sementara untuk bus, dipindahkan di area parkir kendaraan roda dua sebelumnya. Sementara untuk roda dua dipindahkan ke tempat parkir baru yang berdampingan dengan parkir gedung.

Arie mengatakan, penataan perubahan parkir ini akan terus dievaluasi setiap saatnya. Artinya akan terjadi perubahan dalam waktu yang tak ditentukan. “Mengapa demikian? Semuanya disesuaikan dengan pengerjaan proyek yang ada di bandara. Karena pola pembangunan dilakuakan secara paralel,” ujarnya.

Dikatakan, para pengguna jasa bandara tak perlu khawatir tak mendapatkan tempat parkir karena semuanya telah diperhitungkan. Hanya saja, saat ini letaknya diubah dan terlihat padat karena terjadi peningkatan kendaraan yang masuk. “Perlu kami jelaskan, pembangunan yang kami lakukan saat ini untuk menghadapi tantangan Bandara Ngurah Rai pada tahun-tahun berikutnya. Tahun ini terjadi peningkatan jumlah penumpang 10 persen dari tahun lalu. Guna meningkatkan fasilitas, kapasitas, dan pelayanan, maka manajemen Bandara Ngurah Rai melakukan beberapa pengembangan infrastruktur,” tutur Arie.

Ditanya terkait sulitnya akses pejalan kaki menuju tempat parkir motor yang baru saat ini, Arie mengatakan akan dilakukan evaluasi. Apakah nanti akan dibuatkan pintu khusus untuk pejalan kaki pada jarak terdekat menuju terminal atau tidak. “Saat ini tengah dilakukan penyesuaian. Pada tempat parkir yang baru itu terdapat 1.800 slot parkir. Jadi tak usah khawatir. Untuk mempermudah akses lalin nanti kami akan melakukan penertiban secara periodik terhadap semua kendaraan yang mangkal di pinggir jalan. Selama ini sering dilaklukan penertiban, tetapi masih saja ada yang nakal,” katanya. *p

Komentar