nusabali

Dinas Pertanian Vaksin 7.715 Anjing

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-vaksin-7715-anjing

Untuk mencegah ancaman dari Hewan Penyebar Rabies (HPR) khususnya anjing, Dinas Pertanian Tabanan melakukan vaksinasi massal hewan HPR pada 10 kecamatan.

TABANAN, NusaBali

Hingga 6 Juli 2018, sedikitnya 7.715 ekor anjing sudah divaksin. Ada 80 ekor kucing dan seekor kera turut menjadi sasaran vaksinasi. Kepala Dinas Pertanian I Nyoman Budana menjelaskan, vaksinasi sudah menyasar di seluruh kecamatan yang ada di Tabanan namun belum secara keseluruhan. Vaksinasi menyasar anjing, kuncing dan 1 ekor kera. "Total sudah 7.796 ekor HPR tervaksin," jelasnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tabanan I Wayan Suamba mengatakan, vaksinasi massal sudah dilakukan sejak Juni 2018. Jadwal vaksinasi yakni April - Juli. "Karena keterlambatan vaksin yang datang dari pusat sehingga pelaksanaan Juni dan batas waktunya Juli bisa mundur," jelasnya.

Di Tabanan pada tahun 2018 mendapatkan 46.000 vaksin dari APBN yang disalurkan lewat Provinsi Bali. Namun baru 29 vaksin yang datang, dan sisanya menyusul. Karena Tabanan tahun 2018 menarget 48.000 ekor anjing divaksin. Sisa 2.500 vaksin akan dibeli dari dana APBD.  Kata Suamba, 10 kecamatan sudah disasar, pelaksanaan vaksin terus berlangsung di setiap desa di Tabanan. Oleh karena itu, bagi warga yang memiliki anjing agar segera divaksin. Sebab semakin rutin anjing divaksin maka tingkat tertularnya rabies biasa kecil. "Kami juga kerahkan petugas menyasar anjing liar sehingga celah adanya anjing tertular rabies sedikit," tandas Suamba. *d

loading...

Komentar