nusabali

Audit Hotel, Papindo Tunggu Sertifikat Auditor

  • www.nusabali.com-audit-hotel-papindo-tunggu-sertifikat-auditor

Perkumpulan Auditor Usaha Pariwisata Indonesia (Papindo) Bali belum bisa melakukan audit terhadap  hotel yang akan menjadi objek auditing.

DENPASAR, NusaBali

Penyebabnya sertifikat kepada tenaga auditor yang sebelumnya telah mengikuti sertifikasi belum turun dari  Kementerian Pariwisata. Sebanyak 28 auditor dari kalangan profesional, yang kini menunggu  turunnya sertifikat tersebut.

Ketua DPD Papindo Bali I Wayan Rediyasa mengatakan, jika sertifikat telah diterima, baru ditindaklanjuti pemeriksaan  lapangan yakni hotel-hotel yang ditetapkan akan diaudit. “Sementara menunggu penerbitan sertifikat,” ujar Rediyasa, Jumat (6/7). Hal itu disampaikan Rediyasa terkait rencana audit terhadap hotel-hotel yang merupakan  salah satu  produk layanan jasa pariwisata.

Untuk persiapan SDM auditor, Papindo  sebelumnya menyelenggarakan pelatihan auditor hotel bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Komisi Akreditasi Nasional (KAN) Sabtu (2/6) sampai Selasa (6/6). Sebanyak 28  profesional yang dipersiapkan sebagai auditor hotel. Mereka berasal dari kalangan, profesional hospitality tingkat general manager, chef,  housekeeper, dosen, direktur  dan ketua yayasan dan lainnya. “ Kita sesungguhnya masih banyak kekurangan tenaga auditor,” tambah Rediyasa. Sampai saat ini, kata Rediyasa, Papindo Bali baru memiliki tenaga audit untuk 4 bidang bisnis yakni auditor villa, , restoran, perjalanan wisata dan terakhir hotel. “Masih banyak yang belum. Seperti auditor untuk  spa,” jelasnya.

Audit dilakukan untuk menjamin kualitas layanan jasa bidang pariwisata,  apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mengacu Undang undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan dan Permen turunannya, ada 13 bidang  usaha jasa  pariwisata untuk diaudit. *k17

loading...

Komentar