nusabali

Lolos Semifinal, Inggris Akhiri Penantian 28 Tahun

  • www.nusabali.com-lolos-semifinal-inggris-akhiri-penantian-28-tahun
  • www.nusabali.com-lolos-semifinal-inggris-akhiri-penantian-28-tahun

Lolos Semifinal, Inggris Akhiri Penantian 28 Tahun

SAMARA, NusaBali
Hasil itu didapat The Three Lions setelah mengalahkan Swedia 2–0 di perempat final di Samara Arena, Sabtu (7/7) malam. Dua gol kemenangan Inggris dicetak oleh Harry Maguire pada menit ke–30 dan Dele Alli di menit ke–59. Kedua gol The Three Lions ini dicetak dengan sundulan. Calon lawan Inggris di semifinal ditentukan oleh laga Rusia versus Kroasia pada Minggu (8/7) dini hari tadi.

Inggris terakhir kali lolos semifinal pada Piala Dunia 1990 di Italia, saat Paul Gascoigne cs dijegal Jerman 4–3 lewat drama adu penalti, setelah skor 1–1 hingga extra time 2 x 25 menit. Inggris merana karena gagalnya eksekusi penalti dari Stuart Pierce dan Christ Waddle. Saat paly off perebutan posisi III-IV, Inggris kembali dihajar Italia 2–1 hingga gagal raih gelar penghibur.

Gol kedua The Three Lions ke gawang Swedia, yang merupakan gol ke-11 mereka selama Piala Dunia 2018, itu memiliki arti spesial. Pada menit ke–59 duel kontra Swedia itu, pasukan Gareth Southgate di Rusia 2018 berarti telah menyamai rekor terbaik Timnas Inggris sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia.

Rekor gol terbanyak yang dicetak Inggris di Piala Dunia terjadi pada edisi 1966, saat The Three Lions menjadi kampiun di negara sendiri. Ketika itu di Piala Dunia 1966, ada 4 pemain yang menjadi penyumbang 11 gol Inggris dalam 6 pertandingan yang mereka lalui sampai menjadi juara, demikian dilansir bolasport.com.

Sebagaimana dilansir detiksport, dalam catatan situs resmi FIFA, Inggris dan Swedia sudah bertemu 23 kali. Inggris dan Swedia sama-sama mencatat tujuh kemenangan, sembilan laga lainnya berakhir imbang. Di sepanjang sejarah Piala Dunia, Inggris dan Swedia baru dua kali berduel. Kedua laga tersebut sama-sama berakhir imbang.

Inggris bermain imbang 1–1 dengan Swedia di fase grup Piala Dunia 2002. Empat tahun kemudian, kedua tim kembali bertemu di babak grup dan berbagi hasil seri 2–2.

Duel terakhir kedua tim terjadi pada 2012 di pertandingan persahabatan. Swedia menang 4–2 atas Inggris. Zlatan Ibrahimovic mencetak empat gol saat itu, salah satunya lewat tendangan salto yang fenomenal. Pertemuan terakhir Inggris dengan Swedia di laga kompetitif terjadi di fase grup Piala Eropa 2012. Inggris menang 3–2 atas Swedia kala itu.  Dari 23 kali pertemuan itu, Inggris mencetak 35 gol, sementara Swedia 31 gol.

Inggris pantas menang pada laga di Samara Arena tadi malam, karena bermain lebih efektif dan mampu memaksimalkan peluang. Tercatat, Inggris hanya menorehkan dua tembakan tepat sasaran dan semuanya menghasilkan gol.

Sementara itu, Swedia yang memilki empat peluang, selalu gagal mencetak gol karena buruknya penyelesaian akhir. Tidak hanya itu, penampilan kiper Inggris, Jordan Pickford juga menjadi batu sandungan bagi Swedia untuk mencetak gol. Tercatat, Pickford melakukan tiga penyelamatan pada laga itu.

Inggris yang terus menekan pada babak pertama baru bisa unggul pada menit ke-30 lewat gol Harry Maguire. Memanfaatkan skema sepak pojok, Maguire menyundul bola umpan Ashley Young dan merobek jala gawang Robin Olsen. Ini adalah gol pertama Maguire bagi timnas Inggris. Skor 1–0 untuk Inggris bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Swedia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu untuk mencari gol penyeimbang.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Swedia mendapat peluang emas lewat Marcus Berg. Namun tandukan keras Berg masih bisa ditepis Jordan Pickford. Pada menit ke-58, Swedia dikejutkan oleh gol kedua Inggris oleh Dele Alli. Umpan Jesse Lingard ke tiang jauh dari sisi kanan, mengarah ke Alli yang lepas dari kawalan pemain Swedia. Dengan mudah Alli menanduk bola untuk mengubah skor menjadi 2–0.

Berselang tiga menit, Pickford kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kiper Everton ini mampu menepis tendangan mendatar Viktor Claesson. Tertinggal dua gol, pelatih Swedia, Janne Andersson , memasukkan pemain sayap, Martin Olsson dan penyerang John Guidetti untuk menyegarkan lini serang pada menit ke-65.

Pada menit ke-71, Pickford mencatatkan penyelamatan ketiganya setelah menggagalkan tendangan keras Marcus Berg dari dalam kotak penalti. Tidak ada gol tambahan yang tercipta, skor 2-0 untuk Inggris bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. *

Komentar