nusabali

Di RSUD Sanjiwani Gianyar Termahal

  • www.nusabali.com-di-rsud-sanjiwani-gianyar-termahal

Karena item pemeriksaannya lengkap. Tapi biaya tes kesehatan ini sudah diturunkan jadi Rp 472.000. (Dirut RSUD Sanjiwani Ida Komang Upeksa).

Biaya Cek Kesehatan Bacaleg Bervariasi

GIANYAR, NusaBali
Ratusan bacaleg (bakal calon legislatif) di Kabupaten Gianyar mempertanyakan kebijakan managemen RSUD Sanjiwani Gianyar. Karena, jika dibandingkan pada RS milik pemerintah lainnya di Bali, RSUD ini ‘menembak’ ratusan bacaleg dengan mengenakan biaya tes kesehatan jasmani dan rohani termahal, Rp 1.190.000 per orang.

Akibatnya, sejumlah bacaleg terpaksa mencari surat keterangan tes kesehatan untuk persyaratan pencalonan itu ke RS daerah lain yakni di Bangli, Klungkung, dan lainnya.

Informasi NusaBali, Minggu (8/7), biaya tes kesehatan bacaleg di RUSD Gianyar, Rp 1.190.000 per orang. Sedangkan di RSU Klungkung Rp 500.000, dan di RSUD Bangli Rp 352.000, dan di Tabanan Rp 297.000.

Beberapa bacaleg mempertanyakan, kenapa biaya tes kesehatan ini tak ada standar umumnya, dan termahal di RSUD Sanjiowani. Padahal, tes ini dilaksanakan di RS milik pemerintah yang nota bena berbiaya layanan lebih murah dibandingkan RS swasta. Selain itu, sangat aneh RSUD Sanjiwani ‘menembak’ dengan biaya termahal. Para bacaleg menilai, pengenaan bayaran termahal ini sama artinya dengan rumah sakit ini telah meletang (mengambil kesempatan untuk cari untung) dari bacaleg. Karena pihak rumah sakit di Jalan Ciung Wanara Gianyar ini menyadari kalau rumah sakit ini jadi rumah sakit yang ditunjuk untuk pemeriksaan tes kesehatan bacaleg. ‘’Sikap managemen rumah sakit seperti ini jelas sangat mengorbankan masyarakat,’’ ujar beberapa caleg di Gianyar, Minggu (9/7).

Informasi di jajaran RSUD Sanjiwani, beberapa bacaleg sudah melontarkan protes atas mahalnya biaya pemeriksaan kesehatan itu ke managemen RS ini. Namun, pihak dokter setempat tak mau menurunkan biaya itu. karena terlanjur memberlakukan pembayaran biaya tes kesehatan lebih mahal dibandingkan di RS lain. Seiring protes itu, KPU Gianyar tak membatasi pencarian surat keterangan sehat jasmni dan rohani hanya dari tiga rumah sakit yakni RSUD Sanjiwani, Klungkung, dan Tabanan. Kini semua rumah sakit pemerintah bisa dimohoni SK kesehatan dimaksud.

Dikonfirmasi Minggu kemarin, Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar Ida Komang Upeksa mengakui kemahalan biaya tes kesehatan jasmani dan rohani para bacaleg di RSUD itu. ‘’Karena item pemeriksaannya lengkap. Tapi biaya tes kesehatan ini sudah diturunkan jadi Rp 472.000 per orang,’’ jelasnya.

Namun dokter asal Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Buleleng itu, tak menjelaskan apa item lengkap dimaksud. Kata dia, biaya jadi mahal karena ada pemeriksaan rontgen dan laboratorium.  Ditanya, untuk satu paket pemeriksaan seorang bacaleg, berapa biaya jasa yang diterima petugas atau dokter dan pihak rumah sakit, Upeksa belum siap memberikan keterangan.’’Saya tidak hafal, masih perjalanan dari Lumajang (Jatim,Red). Senin (hari ini, Red), kami infokan,’’ jelasnya.

Sementara itu, salah seorang bacaleg dari Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Sang Nyoman Putrayasa mengatakan biaya cek kesehatan di RSUD Klungkung, sesuai kuitansi Rp 500.000. Adapun yang dicek yakni urine, periksa kesehatan di Pol Dalam, psikotes, dan wawancara di Pol Jiwa. ‘’Selain Rp 500.000 itu, tak ada bayar apa lagi,’’ jelasnya. *Isa,wan 

loading...

Komentar