nusabali

Desa Sepang Torehkan Prestasi Nasional

  • www.nusabali.com-desa-sepang-torehkan-prestasi-nasional

Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, berhasil meraih prestasi tingkat nasional dalam lomba Pelaksana Terbaik PKK KB Kesehatan, tahun 2018.

Lomba PKK KB Kesehatan

SINGARAJA, NusaBali
Berdasarkan Surat Keputusan Tim Penggerak PKK, Nomor 16/KEP/PKK.Pst/VI/2018 tertanggal 25 Juni 2018, Desa Sepang ditetapkan sebagai juara dua nasional, dengan Pakarti Utama II.

Trofi dan penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Pusat, Nyonya Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, serangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Kawasan Megamas, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7). Penghargaan diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana.

Nyonya Aries Suradnyana usai mendampingi pemenang lomba mengatakan, penghargaan ini menunjukkan bagaimana sinergitas antara PKK, program kesehatan dan program KB telah berjalan dengam baik di Kabupaten Buleleng khususnya Desa Sepang. Program Kesehatan dan Program KB tersebut digerakkan oleh TP PKK di desa. "Hal ini menunjukkan sinergitas yang baik antara PKK dengan program kesehatan dan program KB. Dari dan untuk PKK," jelasnya.

Dalam peringatan Harganas XXV tahun 2018, Kabupaten Buleleng mencoba bagaimana mengingatkan diri inti dari keluarga. Kekuatan terbesar berada dalam keluarga. Kekuatan tersebut dimulai dari bagaimana merencanakan keluarga, kapan saatnya menikah, kapan saatnya mulai mempunyai anak, dan jarak umur antar anak. "Jadi intinya bukan hanya melakukan program KB namun juga perencanaan keluarga. Itulah awal dari kekuatan keluarga," ujar Aries Suradnyana.

Sementara, Ketua TP PKK Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Nyonya Merta Mahardika mengungkapkan, rasa syukurnya karena Desa Sepang berhasil meraih prestasi nasional. Persiapan yang sudah dilakukan dari Bulan Januari 2018 tidak menjadi sia-sia. Dimulai dari persiapan dan pembinaan-pembinaan untuk menghadapi lomba tingkat kabupaten, provinsi, dan tingkat nasional. "Saya sangat bersyukur telah mencapai prestasi ini. Prestasi yang juga tidak terlepas dari peran masyarakat Desa Sepang," ungkapnya.

Dirinya juga berharap dengan diterimanya penghargaan Pakarti Utama II Kategori Kabupaten ini menjadikan semua kegiatan yang ada di Desa Sepang menjadi lebih baik dan bagus. Sinergitas antara masyarakat dan juga pemerintah desa terjalin semakin erat karena tanpa adanya peran dari masyarakat, penghargaan ini tidak akan bisa diterima. "Saya berharap semua kegiatan yang ada di Desa Sepang menjadi lebih baik kedepannya," pungkas Merta Mahardika. *k19

Komentar