nusabali

Sebanyak 75 Tukik Dilepas di Pantai Yeh Gangga

  • www.nusabali.com-sebanyak-75-tukik-dilepas-di-pantai-yeh-gangga

Sebanyak 75 ekor tukik (anakpenyu) dilepas di Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan/Kabupaten Tabanan, Minggu (8/7).

TABANAN, NusaBali

Pelepasan tukik dilakukan oleh sejumlah pemuda yang tergabung dalam organisasi dan sekaa teruna Banjar Yeh Gangga. Kelian Dinas Banjar Yeh Gangga I Ketut Pinda, menjelaskan sebanyak 75 ekor tukik yang menetas pada Rabu (4/7) lalu telah dilepas. Ini dilakukan untuk menyelamatkan ekosistem yang ada di laut. “Selain bersama anak-anak, kami juga melepas dengan wisatawan yang berlibur,” ungkapnya

Menurutnya, sekarang di Pantai Yeh Gangga ada 48 sarang penyu. Otomatis ada 48 ekor penyu yang sedang bertelur. Tentu kesempatan baik ini terus dijaga oleh Banjar Yeh Gangga agar satwa dilindungi bisa terselamatkan.

Bahkan saat ini menurut Pinda, banyak juga warga yang acapkali menemukan telur penyu. Jika mendapati hal demikian, biasanya warga langsung menghubungi dirinya. “Selain menghubungi saya, masyarakat juga sudah sadar, ketika menemui telur penyu langsung ditanam di tempat penetasan,” tuturnya.

Pinda mengakui agar masyarakat semakin sadar tentang keberadaan penyu ini, sejumlah anak-anak SD juga diberikan pemahaman. Bahkan yang terpenting diajarkan menolong tukik jika dijumpai sedang terjebak. “Edukasi-edukasi ini penting dilakukan sejak usia dini agar mereka selalu sadar akan keberadaan penyu yang sering dijumpai di Pantai Yeh Gangga,” ucap Pinda. *d

loading...

Komentar