nusabali

Gedung Kemenhub Terbakar, 3 Orang Tewas

  • www.nusabali.com-gedung-kemenhub-terbakar-3-orang-tewas

Tiga orang ditemukan tewas dan 20 orang lainnya dievakuasi dalam kondisi selamat dalam kebakaran di gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu dini hari pukul 04.00 WIB.

JAKARTA, NusaBali
Mereka merupakan pekerja renovasi yang terjebak di lantai 18 gedung Kemenhub. Sebanyak 18 unit mobil pemadam diturunkan. "Ruangan lantai 18 gedung Kemenhub sedang direnovasi, ada tukang yang terjebak di sana," ujar staf Kemenhub Supandi di Jakarta, Minggu (8/7) seperti dikutip Antara.

Supandi menjelaskan, karena ruang di lantai 18 Kemenhub tengah direnovasi, dirinya mendapat tugas dari atasannya untuk menjaga atau menjadi mandor bagi para pekerja yang bertugas. Saat subuh tiba, dia menerima informasi bahwa gedung mengalami kebakaran. Supandi mengatakan, jendela di lantai 18 Gedung Kemenhub, tempat tukang itu bekerja terbuka, dan para pekerja tampak berteriak dari jendela itu. Namun, karena tidak terdengar, para pekerja itu menuliskan pesan di sebuah kertas dan menjatuhkannya ke bawah."Isi pesannya, 'tolong, di sini banyak asap', tangga darurat gelap'," ujar Supandi.

Dia mengatakan berdasarkan dugaan sementara, api berasal dari lantai parkir P5 atau P6. Di tempat itu terdapat genset dan server. "Mungkin karena di situ terbakar, jadi asap membumbung sampai ke lantai paling atas, menyebabkan tangga darurat gelap dipenuhi asap, tukang tidak bisa keluar," ujar dia lagi. Korban meninggal itu diduga kehabisan oksigen."Karena diduga kehabisan oksigen," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadis Damkar) DKI Jakarta Subejo di lokasi kejadian, Minggu (8/7).

Menurut dia, api yang membakar gedung Kemenhub relatif kecil. Namun karena asap yang masuk ke dalam ruangan-ruangan yang membuat korban meninggal dunia. "Kalau kebakaran sebetulnya relatif kecil ya, karena bisa dikuasai cepat, tapi asapnya ini sudah terlanjur menyebar ke ruangan-ruangan. Itu makanya menimbulkan korban. Karena yang membunuh itu biasanya asap, yang pertama (membunuh) itu asap," kata dia.

Subejo mengatakan, berdasarkan penyisiran pihaknya di lokasi, sejauh ini terdapat tiga korban meninggal dan 20 korban selamat. "Yang meninggal dua dari kontraktor, dan satu pegawai Dishub," kata dia. Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan, karyawan di Kemenhub tak mendengar alarm peringatan saat terjadi kebakaran.

"Kami (karyawan) tidak mendengar ada (bunyi) alarm," ujarnya saat meninjau lokasi kebakaran Gedung Kemenhub, Minggu (8/7). Ia menduga, hal itu yang menyebabkan ada beberapa karyawan dari Kemenhub maupun kontraktor yang terjebak kepulan asap saat kebakaran terjadi.

Terkait penyebab kebakaran, Djoko enggan berspekulasi. Dia menyerahkan pada kepolisian terkait hal tersebut. "Kami sedang menunggu hasil dari investigasi penyelidikan kepolisian," kata Djoko. Namun sebelumnya Kasiops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Pusat Syarifudin menduga kebakaran berasal dari ruang kontrol CCTV di lantai P1 di bagian bawah gedung. Dia menduga api berawal dari korsleting listrik.

"Ada kemungkinan bisa juga arus pendek yang ada di ruang CCTV itu, kemungkinan ya. Masih proses penyelidikan," ucap Kasiops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Pusat Syarifudin di Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu (8/7) dilansir detik.*

Komentar