nusabali

Songsong IMF – World Bank, Dinas LHK Benahi 3 Taman Baru

  • www.nusabali.com-songsong-imf-world-bank-dinas-lhk-benahi-3-taman-baru

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung menata tiga taman baru menyambut pertemuan tahunan IMF - World Bank pada 8 – 14 Oktober mendatang.

MANGUPURA, NusaBali

Selain penataan taman baru juga dilakukan penataan taman lama yang meliputi pembenahan lampu, patung, maupun air mancurnya. Penataan taman ini difokuskan di Badung Selatan, tempat digelarnya IMF.

Kepala Dinas LHK Badung I Putu Eka Merthawan, mengatakan untuk menyambut pertemuan IMF – World Bank, ada tiga kegiatan pokok yang dilakukan. Pertama, penataan taman di depan Masjid Agung Asasuttaqwa, Tuban, Kecamatan Kuta. Kedua, penataan taman pintu tol Bali Mandara, di Nusa Dua, Kuta Selatan. Ketiga, pembangunan patung Nakula Sadewa di Simpang Kali, Jimbaran.

Sementara untuk patung-patung yang lain dilakukan pengecatan, serta penataan dan perapian taman. Dia mengaku untuk patung semua sudah dilakukan pengecatan. Patung yang dilengkapi dengan air mancur seperti patung Dewa Ruci juga dibantu dengan CSR.

Setelah penataan patung Dewa Ruci juga dilakukan penataan terhadap taman patung Satria Gatot Kaca atau yang sering dikenal dengan patung kuda. Selain itu juga penataan ground zero. “Jadi ada tiga taman baru yang dikerjakan tahun ini,” ungkapnya, Senin (9/7).

Khusus untuk patung Nakula Sadewa di Simpang Kali Jimbara ditaregtkan selesai sebelum IMF berlangsung. Patung yang dikerjakan dua tahun anggaran ini (2017 dan 2018), pada tahap pertama Pemkab Badung mengeluarkan dana sebesar Rp 900 juta, dan tahap kedua sebesar Rp 2 miliar. Pada tahap pertama hanya membangun pedestal dan patung Nakula Sadewa setinggi 5 meter. Sementara tahap kedua adalah pembangunan pelengkap patung termasuk taman.

Patung setinggi 5 meter ini nantinya dilengkapi dengan kolam, lighting, air mancur, dan properti patung tambahan. Rencananya pembangunan seluruh patung itu rampung sebelum pertemuan IMF – World Bank berlangsung. “Pembangunan patung ini bukan multi years. Pada 2017 fokus pembangunannya hanya patung dan pedestalnya. Tinggi patungnya 5 meter dan pedestalnya 8 meter,” tutur Merthawan. *p

Komentar