nusabali

185 Caleg Tes Kesehatan di RSUD Mangusada

  • www.nusabali.com-185-caleg-tes-kesehatan-di-rsud-mangusada

Bakal calon anggota legislatif (Caleg) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang terus berdatangan ke RSUD Mangusada di Kelurahan Kapal, Mengwi, Kabupaten Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Kedatangan mereka dalam rangka melakukan tes kesehatan sebagai salah satu persyaratan daftar Caleg. Kendati begitu, hingga sore kemarin belum ada partai politik yang mengajukan pendaftaran ke KPU Badung.

Salah satu yang terlihat datang ke RSUD Mangusada melakukan tes kesehatan adalah I Gusti Ketut Puriartha yang merupakan Ketua DPC Gerindra Badung. Diakui Gus Krobo, sapaan akrabnya, bahwa tes kesehatan ini sangat penting karena merupakan faktor utama yang mendukung kejiwaan pemimpin rakyat.

“Wakil rakyat yang nantinya akan jadi pemimpin rakyat harus sehat. Apalagi adanya tes urine ini, sangat penting sekali. Pemerintah sekarang gencar-gencarnya memerangi narkoba, jadi sebagai wakil rakyat harus menjadi contoh,” katanya, Selasa (10/7).

Sementara, berdasarkan catatan pihak RSUD Mangusada hingga kemarin sudah ada 185 orang bakal caleg yang melakukan tes kesehatan. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi, karena bakal caleg yang melakukan tes kesehatan tidak saja berasal dari Kabupaten Badung, melainkan dari kabupaten tetangga seperti Tabanan, Gianyar, dan Denpasar.

“Iya, sampai sekarang sudah ada 185 orang yang melakukan tes kesehatan. Mereka berasal dari empat kabupaten,” ungkap Kabid Pelayanan RSUD Mangusada Badung, dr Made Nurija saat dikonfirmasi.

Dalam tes kesehatan tersebut, dr Nurija memaparkan ada tahapan yang harus dilalui, yakni pengetesan di laboratorium untuk mengecek urine. Selanjutnya ke Poli Filter untuk mencari data tinggi, berat badan, dan buta warna. Terakhir, peserta dibawa ke Poli Jiwa untuk melakukan tes kejiwaan. “Intinya tes yang dimaksud, yakni tes psikologis, jasmani, rohani dan juga tes urine,” terangnya.

Sejauh ini, imbuhnya, seluruh bakal caleg dalam kondisi sehat. “Untuk tes bakal caleg tidak ada masalah,” ungkapnya sembari menyatakan jika hasil dari tes kesehatan langsung diserahkan kepada masing-masing bakal caleg.

Pada bagian lain, hingga kemarin belum ada satu pun partai politik yang mengajukan bakal calon yang akan bertarung pada Pileg 2019 mendatang. “Sekarang masih belum ada yang mendaftar dari partai politik,” kata Ketua KPU Badung AA Gede Raka Nakula. *asa

loading...

Komentar